Tim WFQR Lantamal IV Amankan Kapal Bawa Bahan Bangunan. Ini Penyebabnya

Saat diamankan Tim WFQR Lantamal IV, kapal berlayar dari pelabuhan Punggur Batam dengan tujuan Tanjung Batu Karimun bermuatan alat-alat bangunan

Tim WFQR Lantamal IV Amankan Kapal Bawa Bahan Bangunan. Ini Penyebabnya
Dok Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang
Kapal yang diamankan Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNPINANG - Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV dari unsur KAL Anakonda II-4-61, kembali mengamankan KM Putra Punggur, Minggu (12/2/2017).

Kapal ini telah lama menjadi target operasi tim WFQR Lantamal IV karena diduga menyelundupkan barang ilegal dari luar negeri ke perairan Batam.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan, SE mengatakan KM Putra Punggur jenis kapal cargo kayu GT 33 menjadi target operasi tim WFQR Lantamal IV.

Kapal ini dinakhodai pria berinisial M dengan 6 orang ABK.

Menurut keterangan nakhoda pemilik kapal berinisial Y.

Saat diamankan Tim WFQR Lantamal IV, kapal berlayar dari pelabuhan Punggur Batam dengan tujuan Tanjung Batu Karimun bermuatan alat-alat bangunan dan bahan rumah tangga tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Baik pelayaran maupun manifest barang muatan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, pelanggaran yang dilakukan di antaranya kapal berlayar tidak dilengkapi Surat Pemberitahuan Berlayar (SPB), tidak ada Sijil dan tidak memiliki dokumen tentang manifest muatan kapal,” ungkap Danlantamal IV, Senin (13/2/2017) melalui rilis yang diterima Tribun Batam.

Laksma TNI S Irawan menjelaskan modus yang digunakan para pelaku adalah barang-barang ilegal yang diduga kuat berasal dari Singapura/Malaysia, masuk ke wilayah hukum Indonesia dimasukkan lewat kontainer dibawa oleh kapal-kapal besar secara illegal, barang-barang tersebut dikumpulkan disuatu tempat di Batam selanjutnya di angkut ke berbagai wilayah tujuan dengan menggunakan kapal-kapal dengan tonase yang lebih kecil.

“Para pelaku sengaja melakukan aksinya pada saat hari libur guna memanfaatkan kelengahan petugas.

Halaman
12
Penulis:
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved