Breaking News:

Cuaca Buruk Di Anambas Terpaksa Anak Tidak Sekolah, Kalaupun Berangkat Menumpang Jongkong

Cuaca ekstrem di Anambas memaksa anak-anak tak bersekolah, kalaupun berangkat terpaksa menumpang jongkong. Ini perjuangan mereka!

Penulis: Tyan | Editor:
TRIBUNBATAM/AMINNUDIN
Ilustrasi. Perahu Jong warna warni yang siap dimainkan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS -‎ Pelajar Dusung Langan Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja harus berjibaku menggunakan jongkong untuk pergi ke sekolah. Akses jalan transportasi darat yang memprihatinkan, menjadi salahsatu hal yang membuat pelajar dari berbagai tingkatan terpaksa menempuh jongkong menuju dermaga Genting Dusun dengan waktu tempuh mencapai 30 menit.

"Anak-anak terpaksa berangkat sekolah menggunakan jongkong. Kalau cuaca laut tengah buruk, terpaksa anak-anak ini tidak berangkat ke sekolah," ujar Umar Lisman Kepala Desa Batu Berapit Rabu (15/2/2017).

Ia menambahkan, jembatan penghubung antar desa yang dibangun oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum, tidak bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Ini disebabkan, akses jalan menuju jembatan tersebut belum dibangun sehingga terkesan mubazir.

"Kami pun cukup menyayangkan pembangunan jembatan layang penghubung itu tidak pernah melibatkan desa. Ketika pengerjaan, laporannya sampai kepada kami. Ini yang menurut kami mungkin menjadi perhatian," ungkapnya.

Usulan untuk membangun akses jalan menuju jembatan tersebut, diakuinya sudah beberapa kali disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat kecamatan sampai ke kabupaten. Sayangnya, hal tersebut tidak kunjung terealisasi.

‎Tak hanya melalui usulan Musrenbang. Usulan secara lisan kerap dilakukan ketika pejabat dari dinas terkait bahkan DPRD dan Bupati turun ke lokasi dan mengecek langsung kondisi tersebut. "Beliau beberapa kali turun ke tempat kami. Tapi itu lah, sampai sekarang ini kondisinya masih seperti ini. Besar harapan kami agar jalan penghubung itu bisa dibangun," tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved