Sulit Diucapkan Wisman, India Bakal Ganti Nama Sejumlah Bandara

Mengingat nama-nama bandara di India bukan saja pekerjaan yang sulit, tapi menantang. Dan yang pasti telah membingungkan ratusan ribu penumpang asing

Sulit Diucapkan Wisman, India Bakal Ganti Nama Sejumlah Bandara
Intisari/ Mashable
India berencana mengubah nama sejumlah bandara yang dianggap membingungkan wisatawan mancanegara 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Di India, ada beberapa bandar udara yang dinamai dengan sejumlah tokoh yang sudah terkenal macam Indira Gandhi untuk bandara internasional di New Delhi.

Tapi ada juga yang diberi nama, jangkankan mengetahuinya, mengeja namanya saja sulit.

Bandara Internasional Lokpriya Gopinath Bordoloi atau Rajmata Vijaya Raja Scindia, misalnya.

Atau ada juga Chhatrapati Shivaji International Airport yang terletak di Mumbai. Nama itu diambil dari salah seorang raja Kerajaan Maratha di abad 16.

Kerajaan Maratha (juga ditransliterasi sebagai Mahratta) atau Konfederasi Maratha merupakan negara Hindu yang terletak di India modern. Kerajaan ini berdiri dari tahun 1674 hingga 1818. Pada puncak kejayaannya, teritori kemaharajaan ini meliputi sebagian besar Asia Selatan.

Nama-nama yang kurang familiar di lidah orang luar India tersebut dianggap menyulitkan.

Mengingat nama-nama bandara di India bukan saja pekerjaan yang sulit, tapi menantang. Nama-nama tersebut dianggap telah membingungkan ratusan ribu orang yang terbang ke India setiap harinya.

Menyadari persoalan ini, tampaknya Pemerintah India tengah mempertimbangkan untuk melakukan pembetulan.

Chhatrapati Shivaji International Airport, Mumbai
Chhatrapati Shivaji International Airport, Mumbai ()

Ah, bukan pembetulan, melainkan mengubah nama-nama itu supaya lebih diingat pendatang. Menurut proposal yang sedang digodong, nama-nama bandara itu akan disesuaikan dengan kota di mana bandara itu berada.

Seperti disinggung di awal, pergantian nama itu, ditujukan untuk memberikan kenyamanan penyebutan bagi para wisatawan asing dan penumpang yang mungkin tidak akrab dengan nama-nama dan tokoh politik lokal di India.

Tak hanya itu, pemerintah juga mempertimbangkan untuk mengubah nama-nama terminal yang ada di dalam bandara sesuai dengan nama-nama gubernur yang pernah menjabat di negara-negara bagian tempat bandara itu berada.

Dan jika usulan itu benar-benar terealisasi, maka akan muncul bandara-bandara dengan nama Guwahati (di timur laut negara bagian Assam) dan Gwalior (sebuah kota di Madhaya Pradesh).

Bagaimana, lebih gampang diingat atau sama saja? (*)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved