Benarkah Sering Minum Es Bikin Batuk?

Batuk sendiri adalah refleks yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf di lapisan dalam saluran pernapasan.

Benarkah Sering Minum Es Bikin Batuk?
NOVA
Sering Minum Air Es Bisa Menyebabkan Batuk, Begini Penjelasannya 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Di kala cuaca terik atau sedang makan, meneguk air es atau minuman dingin memang menyegarkan. Tapi, kebiasaan ini membawa efek berbeda bagi setiap orang.

Ada yang biasa-biasa saja, tapi juga ada yang langsung batuk atau mengalami radang pada tenggorokan. Terlebih jika dilakukan saat daya tahan tubuh menurun.

Akan tetapi, tidak selalu minum air es menyebabkan batuk, lo. Batuk sendiri adalah refleks yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf di lapisan dalam saluran pernapasan.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun es atau minuman dingin bukan merupakan salah satu penyebab langsung penyakit batuk.

Menurut dr. Tjatur Hendarto, batuk yang muncul setelah minum  air es lebih mungkin terjadi saat stamina tubuh menurun. Atau bisa saja juga karena tubuh memang memiliki alergi dingin.

Stamina tubuh yang menurun ditambah dengan pola hidup termasuk pola makan yang tidak sehat akan membuat tubuh rentan terserang penyakit,” tuturnya.

Bila sedang batuk, lebih baik hindari minum minuman dingin dan es, karena justru akan menyempitkan saluran nafas. Padahal dalam kondisi batuk, saluran nafas harus longgar.

Gunakan penghangat badan bila dirasa tubuh sedang tidak fit. Lalu, tentunya ketika stamina sedang menurun kita harus menjaga asupan makanan yang bergizi, ya! (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved