Breaking News:

Warga Gotong Royong Gali Tugu Proklamasi di Anambas, Camat Jemaja Ngaku Diperintah Bupati

Warga menggali Tugu Proklamasi di Anambas, Camat Jemaja mengaku perintah penggalian diterimanya dari Bupati. Ketemu tugunya?

tribunbatam/septyan mulia rohman
Bupati Anambas Abdul Haris 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Masyarakat Pulau Jemaja melakukan aktivitas penggalian untuk mencari Tugu Proklamasi yang ditandatangani langsung oleh Mohammad Hatta Wakil Presiden Republik Indonesia pertama.

Aksi yang dilakukan Sabtu (18/2) kemarin itu, menggunakan alat berat serta terpusat di simpang tiga jalan Merdeka persis di depan Balai Pertemuan Masyarakat Jemaja (BPMJ) itu pun, sayangnya hanya menemukan sisa tugu tersebut.

Sementara, prasasti yang berisi Proklamasi serta ditandatangani langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 1957 sebagai bentuk Pulau Jemaja masuk dalam kedaulatan NKRI, belum ditemukan.

‎"Upaya penggalian dilakukan Sabtu kemarin, sekitar pukul 09.00-11.00 WIB. Upaya penggalian tidak kami lanjutkan, karena kami melihat tanda-tandanya. Bagian-bagian lain sudah pecah," ujar Camat Jemaja Abdullah Sani saat dihubungi Senin (20/2/2017).

‎Sani menjelaskan, upaya penggalian dilakukan karena adanya perintah dari Bupati Anambas, Abdul Haris yang mendapat informasi adanya benda bersejarah di Jemaja saat melakukan kunjungan belum lama ini. "Saya hanya menjalankan tugas saja. Karena ini benda bernilai sejarah, tentu lah ramai yang ikut serta," ungkapnya lagi. (*)

Penulis: Tyan
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved