Breaking News:

NGERI! Tanah di Desa Ini Ambles hingga Satu Meter. Satu Rumah Rusak

Margowanto menjelaskan saat peristiwa tersebut terjadi, pemilik rumah, Tarji (40) bersama istrinya Turiyem (39) dan anaknya tidak berada di rumah

Editor: Mairi Nandarson
TRIBUNJATENG/SUHARNO
Kepala Desa Candigaron Margowanto menunjukkan lokasi tanah ambles di Candigaron Sumowono Kabupaten Semarang, Rabu 1 Maret 2017 (TRIBUNJATENG/SUHARNO) 
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Heboh. Tanah di Dukuh Ndelik, Desa Candigaron, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang ambles, Rabu (1/3/2017). Tanah yang ambles itu memanjang sekitar satu kilometer.

"Kira-kira tanah yang ambles sepanjang satu kilometer," ujar Kepala Desa setempat, Margowanto.

Tanah ambles itu juga sudah merusak satu rumah. Lahan rumah itu turut ambles dan kini warga sedang gotong royong bongkar rumah tersebut karena membahayakan. Sejumlah warga pun heboh dan khawatir akan terjadi sesuatu.

Margowanto menjelaskan saat peristiwa tersebut terjadi, pemilik rumah, Tarji (40) bersama istrinya Turiyem (39) dan anaknya tidak berada di rumah.

Seminggu sebelum ambles turun hujan lebat di Sumowono berturut-turut kemudian perlahan-lahan tanah itu ambles. Warga yang menghuni rumah tersebut diminta pindah dan bawa barang-barangnya untuk menghindari bahaya.

Kondisi tanah ambles paling parah tampak di lapangan sepakbola Pandan Murti. Tanah ambles sedalam kira kira 1,5 meter. Biasanya lapangan itu selain untuk olahraga juga kemah pelajar.

Kepala Desa itu menuturkan, selama tinggal di Candigaron pernah terjadi pergeseran tanah di tempat yang sama. Pernah terjadi tanah ambles 35 tahun yang lalu dan kini terjadi lagi. Dahulu itu Lapangan Pandan Murti juga digunakan untuk pemukiman warga, tetapi setelah ambles warga akhirnya pindah.

Di sisi lain warga yang terkena dampak pergeseran tanah, Tarji beserta keluarganya untuk sementara waktu tinggal di rumah orangtuanya. (tribunjateng/suharno) 

Lihat videonya di sini

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved