Jadwal Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang Tak Terganggu Hujan Lebat

Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kepri sejak pagi tidak berdampak pada operasional kapal di Pelabuhan Domestik, Sekupang.

Jadwal Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang Tak Terganggu Hujan Lebat
TRIBUNBATAM/DANANG SETIAWAN
Suasana pelabuhan domestik di Sekupang, Batam 

Laporan Wartawan: Danang Setiawan

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM -  Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kepri pada Sabtu (4/3/2017) sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB, tidak berdampak pada operasional kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam.

Menurut Deny Cahyadi, Koordinator Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan cuaca hujan lebat yang terjadi hari ini tidak berpengaruh terhadap operasional kapal penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Kapal tetap jalan karena pihaknya selalu berkoordinasi dengan nakhoda kapal untuk memantau cuaca saat dan sebelum keberangkatan.

Komunikasi dengan nakhoda sangat penting karena untuk memantau perubahan cuaca yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Jadi jika nakhoda memberi sinyal ditengah perjalanan mendapati cuaca buruk kami meminta nakhoda untuk kembali ke pelabuhan.

"Belum ada dampak, masih normal, operasional kita tetap jalan. Tentu kami selalu berkoordinasi dengan nakhoda kapal jika sewaktu-waktu ada perubahan cuaca, jadi kami bisa memutuskan apakah kapal diminta untuk kembali jika cuaca buruk atau kami ijinkan tetap jalan jika masih tahap aman", katanya.

Namun, keselamatan penumpang menjadi prioritas utama sesuai dengan standar prosedur yang diterapkan, menurutnya kelengkapan keselamatan penumpang seperti ketersediaan jumlah life jacket, kapasitas jumlah penumpang dan kelayakan kapal selalu diperiksa sebelum keberangkatan.

Jadi Deny tidak khawatir dengan kemungkinan terburuk jika penumpang dalam kondisi terjebak cuaca buruk sudah ada alat pengamanan sesuai standar operasional kita.

"Ya kalo standar keselamatan penumpang prioritas utama kita, ketersediaan life jacket, kapasitas penumpang sampai kondisi kapal layak jalan atau tidak selalu kita periksa rutin sebelum keberangkatan", ujarnya.

Sementara Joe salah satu penumpang kapal setiba di pelabuhan domestik sekupang dari Tanjung Batu mengatakan tidak merasa was-was saat menaiki kapal karena kondisi gelombang masih normal. Joe juga mengungkapkan saat mau menaiki kapal kondisi di Tanjung Balai juga dalam kondisi hujan.

"Normal mas, gelombang ditengah juga tidak tinggi, jadi tidak was-was. Tadi waktu mau naik kapal di sana (Tanjung Batu) juga hujan", tuturnya. (*)

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved