Peralihan Gas Melon ke Bright Gas

Sudah Disuruh Tukar Kok Masih Harus Bayar?

Warga keberatan jika disuruh membayar lagi, saat menukar tabung elpiji 3 kilogram ke tabung bright gas. Alasannya?

Sudah Disuruh Tukar Kok Masih Harus Bayar?
Tribun Batam/Argainto DA Nugroho
Pemerintah bakal membatasi jumlah gas melon dan mengalihkan ke bright gas berukuran 5,5 kg 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Warga keberatan jika disuruh membayar lagi, saat menukar tabung elpiji 3 kilogram ke tabung bright gas. Apalagi, belum semua warga tahu berapa harga tabung bright gas.

"Kita disuruh tukar tabung elpiji 3 kg ke tabung bright gas 5,5 Kg. Tapi kita malah disuruh bayar Rp 150 ribu. Kita keberatan disuruh bayar lagi," kata Zahri sala satu warga yang sehari-hari mengajar di salah satu SD di pulau.

Warga pulau ini mengaku mengetahui dari teman-temannya bahwa disuruh ganti dengan tabung bright gas 5,5 Kg. Dia pun menanyakan kepada salah satu pangkalan, di tempat dia tinggal.

"Kita tanya ke pangkalan, untuk tukar tabung bright gas 5,5 Kg harus tambah uang. Jika 1 tabung elpiji 3 kg maka harus tambah Rp 150 ribu untuk mendapatkan bright gas 5,5 kg. Namun jika 2 tabung elpiji 3 kg, tidak akan ada tambahan jika ditukarkan dengan tabung bright gas itu," katanya.

Hal senada juga disampaikan, Samsudin warga pulau lainnya. Dia mengaku, selama ini sudah diberatkan dengan harga transportasi untuk isi ulang gas elpiji 3 kg. Apalagi dengan bright gas 5,5 kg ini, warga semakin dibuat susah.

"Nanti berapa lagi biaya isi ulang. Sekarang aja kita isi ulang saja ditambah biaya transportasi laut dan ditotalkan mencapai Rp 30 ribu. Pemerintah seharusnya tidak perlu membebankan lagi biaya pergantian tabung bright gas," katanya.

Sementara Maijen, salah satu pangkalan gas elpiji 3 kg, mengatakan harga untuk tabung bright gas 5,5 Kg sebesar Rp 325 ribu. Jika warga menukarkan tabung elpiji 3 kg, harus menambah biaya Rp 150 ribu jika tabungnya satu. Namun, jika miliki 2 tabung elpiji 3 kg, maka tidak dikenakan biaya tambahan.

"Kita hanya ikuti aja dari agen. Kalau agen bilang begitu ya kami ikuti. Namun sejauh ini masih sedikit warga yang menukarkan tabung elpiji 3 kg ke bright gas 5,5 Kg. Untuk isi ulang dikenakan biaya Rp 64 ribu," katanya. (*)

Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved