Cari Penderita TB, Dinas Kesehatan Tanjungpinang Ketuk Pintu ke Rumah-rumah Warga

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 6 Maret ini dilakukan sebagai upaya membebaskan Kota Tanjungpinang dari penyakit Tuberculosis

Cari Penderita TB, Dinas Kesehatan Tanjungpinang Ketuk Pintu ke Rumah-rumah Warga
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Puskesmas Pencur memasang sepanduk peringatan hari TB Se Dunia yang bertemakan Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberculosis 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melakukan gerakan ketuk pintu ke rumah-rumah warga.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, kegiatan yang sudah berlangsung sejak 6 Maret ini dilakukan sebagai upaya membebaskan Kota Tanjungpinang dari penyakit Tuberculosis (TB).

Melalui gerakan tersebut, sebanyak 1.650 rumah telah dikunjungi dan 3.506 orang telah diskrining. Dari ribuan orang yang telah diskrining itu, 97 orang ditemukan terindukasi TB dan diminta untuk dirujuk ke Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam (TRIBUNBATAM/M IKHWAN)

Namun dari jumlah tersebut hanya 40 orang yang datang ke Puskesmas.

"Sayangnya masih ada 57 yang suspek TB yang terjaring belum datang ke Puskesmas dan bisa saja sebagian dari mereka itu positif," kata Rustam, Jumat (24/3/2017).

Karena itu, pihaknya akan melakukan pendekatan kembali agar mereka yang suspek bisa melakukan pemeriksaan TB lebih lanjut dengan datang ke puskesmas.

Menurut Rustam, penyakit TB merupakan penyakit menular yang harus diberantas, sehingga Kota Tanjungpinang terbebas dari penyakit tersebut.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Sabtu, 25 Maret 2017

Penulis:
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved