Breaking News:

Agunkan Sertifikat, 5 Pengusaha Manfaatkan Dana Bergulir Anambas. Ini Janji Kadis Koperasi

Agunkan sertifikat, 5 pengusaha Anambas manfaatkan dana bergulir. Kadis Koperasi yakin tak bakal kredit macet. Ini janjinya!

Istimewa
Ilustrasi sertifikat tanah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - Lima pengusaha yang ada di Anambas memanfaatkan pinjaman dana bergulir. Usman, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas, sejumlah pengusaha tersebut bahkan tinggal menunggu pencairan bantuan melalui salahsatu bank yang ada di Anambas.

"Saat ini ada lima pengusaha yang mengajukan proposal. Kami pun sudah melakukan survey untuk melihat unit usaha mereka," ujarnya saat ditemui sejumlah awak media Senin (27/3/2017).

Usman menjelaskan, alokasi anggaran untuk dana bergulir pada tahun ini mencapai Rp 500 juta. Besaran kredit yang diberikan kepada pengusaha pun, berkisar antara Rp 15 hingga Rp 20 juta, dengan syarat yang sebelumnya harus dipenuhi.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi itu, salahsatunya pengajuan agunan yang diajukan sebelum proses pencairan dana tersebut kepada pengusaha. Mengenai agunan yang diajukan ini, mayoritas pengusaha kerap mengagunkan surat-surat berharga seperti surat tanah maupun sertifikat rumah.

Pihaknya optimis, dana bergulir yang berjalan pada tahun ini tidak mengalami macet seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti diketahui, persoalan pada dana bergulir belakangan mencuat saat pelimpahan aset dari Kabupaten Natuna ke Kabupaten Anambas.

"Besaran dana bergulir yang diberikan cenderung lebih kecil dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya yang mencapai puluhan juta Rupiah. Pemohon juga diwajibkan untuk menaati perjanjian pembayaran dengan tepat waktu. Perjanjian ini pun ada perjanjian tertulisnya.

Mengenai agunan pun ada syaratnya, seperti lahan di atas laut atau alas hak atas lahan yang berlokasi di atas laut, tidak bisa kami terima. Besaran pinjaman yang diberikan pun, juga menyesuaikan dengan besaran agunan yang diajukan pemohon," bebernya. (*)

Penulis: Tyan
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved