Breaking News:

Sebaiknya Anda Tahu

Ketahuan Sekarang! Penyakit TBC Tak Diobati Bisa Menular hingga ke 15 Orang Sekaligus

Waspadalah! Penyakit TBC tak diobati bisa menular hingga ke 15 orang sekaligus!

TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Ilustrasi. Puskesmas Pancur memasang sepanduk peringatan hari TB Se Dunia yang bertemakan Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberculosis 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, AMBARAWA-Data WHO Global Tuberculosis Report 2016 menunjukkan, Indonesia dengan jumlah penduduk 254.831.222 jiwa menempati posisi kedua jumlah kasus tuberkulosis (TB) tertinggi di dunia.

TB di Indonesia menjadi penyebab kematian nomor empat setelah penyakit kardiovaskular. Hasil survei juga memperkirakan jumlah orang dalam populasi yang mengalami penyakit TB di Indonesia mencapai 0.65 persen, dimana tiap tahun terdapat 1 juta kasus baru TB di Indonesia.

Baca: Ngeri! Rampas Sepeda Motor, Begal Ini Hantamkan Korban ke Tiang Besi Lalu Buaya Mayatnya ke Sungai

Akan tetapi, masyarakat masih banyak yang tidak mengetahui tentang TB, bagaimana mengidentifikasi tanda dan gejala utama TB serta cara mengakses pengobatannya.

"Padahal satu orang yang tidak terdeteksi dan tidak menjalani pengobatan bisa menularkan TB pada 10 hingga 15 orang lainnya dalam 1 tahun kontak dekat. Dan TB dapat diobati secara gratis," ungkap Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Kabupaten Semarang, Ida Zahara Adibah, Senin (27/3/2017).

Sejak 2 tahun lalu, Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah berkontribusi dalam program penanggulangan Tuberculosis-HIV (TB-HIV) berbasis masyarakat yang disebut TB-HIV Care Aisyiyah.

Menurut Ida Zahara Adibah, pengetahuan yang kurang tentang TB dan adanya pengobatan gratis TB, mengakibatkan terlambatnya mereka mencari pengobatan atau bahkan tidak berobat yang otomatis berkontribusi pada tingginya prevalensi TB.

Di Kabupaten Semarang TB Care Aisyiyah telah mendorong kesadaran masyarakat sehingga peka terhadap gelaja-gejala TB dengan kegiatan "Ketok Pintu". Tujuannya adalah meningkatkan jumlah suspect TB yang diperiksa dan diobati sampai sembuh.

"Kader TB kami sudah mendatangi lebih dari 1.400 rumah di 19 kecamatan melalui Program Ketok Pintu pada periode 1-20 Maret 2017 lalu. Hasilnya masih direkap serta dikaji," terang Ida.

Baca: Heboh! Mengintip Janda Muda untuk Diajak Begituan Malah Tepergok Warga. Begini Akhirnya!

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved