Gubernur Minta Menteri Arief Yahya Jadikan Natuna dan Anambas Sebagai Kawasan Ekonomi Pariwisata

Menteri Arif meminta Provinsi Kepri yang berada di dekat perbatasan dua negara bisa memanfaatkannya karena potensi yang cukup besar

Gubernur Minta Menteri Arief Yahya Jadikan Natuna dan Anambas Sebagai Kawasan Ekonomi Pariwisata
HUMAS PEMPROV KEPRI
Pembukaan Rakor Pariwisata oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tanjungpinang, Senin (3/4/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sektor pariwisata merupakan penyumbang lapangan pekerjaan, PDB dan devisa terbesar saat ini.

Menteri Arif meminta Provinsi Kepri yang berada di dekat perbatasan dua negara bisa memanfaatkannya karena potensi yang cukup besar.

"Sangat disayangkan jika potensi yang ada tidak dikembangkan. Apalagi Indonesia merupakan yang tertinggi di ASEAN dengan 10 persen PDB nasional dan penerima Devisa tertinggi dengan persentase 13 persen.

Hal ini harus ditingkatkan, khusus untuk di daerah, kami dari Kementerian Pariwisata akan mendukung penuh dan siap memberikan masukan serta arahan, karena yang akan menaikan persentase nasional tentu berasal dari daerah," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata Kepri Tahun 2017, di Hotel Aston, Tanjungpinang, Senin (3/4/2017).

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun pada kesempatan itu itu juga mengatakan bahwa dalam menunjang potensi pariwisata, Kepri harus menuangkan ide-ide yang kreatif untuk memancing wisatawan datang.

"Kearifan lokal harus ditingkatkan, di manage agar teratur dan dapat berjalan dengan baik dan lancar," kata Gubernur.

Nurdin meminta langsung pihak Kementrian agar sejumlah tempat di Kepri dijadikan Kawasan Ekonomi Pariwisata.

Kabupaten Natuna dan Anambas memiliki potensi wisata luar biasa dengan keindahan alamnya, namun masih kurang diketahui banyak wisatawan, karena itu harus terus dikembangkan.

Kepala Dinas Pariwisata Buralimar dalam laporannya mengatakan bahwa Rakor yang mengambil tema Gerbang Wisata Bahari Kepri diharapkan mampu menjadikan pariwisata sebagai penopang utama perekonomian daerah.

Hadir pada Rakor tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah, Bupati Bintan Apri Sujadi, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Natuna Hamid Rizal, Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul, Unsur FKPD dan OPD serta para peserta Rakor yang merupakan pelaku bisnis sektor pariwisata di Kepri.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Selasa, 4 April 2017

Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved