Jadwal UNBK SMA Kartini Molor Satu Setengah Jam. Ternyata Ini Penyebabnya

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Kartini sempat mengalami gangguan, Senin (10/4/2017) pagi.

Jadwal UNBK SMA Kartini Molor Satu Setengah Jam. Ternyata Ini Penyebabnya
TRIBUNBATAM/ISTIMEWA
Siswa SMA Kartini Batam mengikuti UNBK, Senin (10/4/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Kartini sempat mengalami gangguan, Senin (10/4/2017) pagi. Sekitar 36 siswa yang mengikuti ujian bahasa indonesia di sesi pertama itu tidak dapat mengakses soal ujian.

Ujian yang harusnya mulai pukul 07.30 WIB pun bergeser menjadi pukul 09.00 WIB. Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartini, Ani Muslimah mengatakan sebelumnya pihak sekolah sudah menyiapkan UNBK dari jauh-jauh hari.

"Persiapan sudah dari lama, kemudian kita lakukan sinkronisasi dari Jumat malam. Dan dilanjutkan sampai Sabtu siang. Sebenarnya sudah ready semua. Pagi sebelum kita mulai pun sudah prepare lagi, tapi ketika dimulai tidak bisa dibuka soal-soal itu. Semula kita sudah PD, tapi kok unable connect terus," ujar Ani ditemui di kantornya.

Pihak sekolah pun sempat kebingungan dengan permasalahan tersebut. Teknisi yang bekerja pun mengasumsikan masalah itu bisa disebabkan banyak hal, seperti dari server pusat ataupun jaringannya.

"Yang pasti jaringan Internet nggak ada masalah. Kemungkinan virus juga. Karena yang sudah disinkronisasi itu nggak bisa dibuka sama sekali," katanya.

Menurutnya, setelah tim teknisi sekolah, dibantu teknisi yayasan dan dinas pendidikan Batam turun, barulah sebagian komputer dapat mengakses soal.

"Mulai setengah sembilanlah, baru ada komputer yang bisa mengakses soal ujian. Jam sembilan itu baru 20 dari 40 komputer yang bisa mengakses soal. Servernya oke, ternyata jaringan kabelnya ada yang bergeser sedikit," tuturnya.

"Alhamdulilah dibantu semua pihak, termasuk dari disdik provinsi, jam sembilan rata-rata sudah mulai semua," tuturnya lagi. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Selasa 11 April 2017

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved