Sebaiknya Anda Tahu

Peringatan! Pakai Sepatu di Dalam Rumah Bisa Sebarkan Bakteri dan Racun!

Peringatan! Pakai sepatu di dalam rumah bisa sebarkan bakteri dan racun. Begini kesimpulan hasil sebuah penelitian ini

Peringatan! Pakai Sepatu di Dalam Rumah Bisa Sebarkan Bakteri dan Racun!
shutterstock
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Periset dari Universitas Houston mengatakan, bahwa sepatu yang Anda kenakan untuk berpergian ke luar rumah penuh dengan bakteri berbahaya yang bisa membuat Anda sakit, lapor Daily Mail.

Baca: Heboh, Beredar Video Bule Begituan di Bali, 59 Cewek Indonesia Jadi Mangsanya, Termasuk di Batam!

Baca: Aduh! Termakan Rayuan Seorang Kakek di FB, Gadis Ini Kehilangan Motor Usai Ditiduri

Seperti yang dijelaskan dalam studi, bakteri bisa dengan cepat berkembang biak dan menyebar ke seluruh rumah, membuat Anda dan keluarga rentan mengalami masalah perut seperti diare.

Profesor Kevin Garey mengatakan, "Sungguh menakjubkan seberapa banyak bakteri dan serangga yang di bawa manusia ke rumah melalui sepatu yang dikenakan sepanjang hari.”

Menurut temuan yang meneliti 2.500 sampel, sekitar seperempat sol sepatu diuji positif terhadap serangga yang bisa menyebabkan kram perut yang menyakitkan.

Tahun lalu, University of Arizona mempelajari bakteri pada sepatu dan menemukan bahwa 440.000 unit bakteri mampu menempel dan hidup pada sol sepatu dalam waktu dua minggu. Dan menurut para peneliti, bakteri berkembang lebih baik pada sepatu ketimbang toilet.

Dalam studi di Arizona, seorang relawan berjalan di atas lantai yang bersih untuk melihat apakah bakteri akan masuk ke rumah.

Mereka menemukan bahwa 90 persen bakteri mencemari lantai, yang berarti ubin yang baru saja Anda bersihkan atau karpet yang Anda vakum langsung menjadi sarang bakteri.

"Selain bakteri, sepatu juga bisa membawa racun ke dalam rumah," tambah Carolyn Forte, direktur Laboratorium di Good Housekeeping Institute.

Melepas sepatu sebelum masuk rumah adalah pilihan terbaik dan berjalan tanpa sepatu di dalam rumah juga akan membuat otot kaki lebih kuat, di samping lebih rileks.(DailyMail)

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved