Soal Pencetakan e-KTP, Disdukcapil Bintan Prioritaskan Penduduk Pemula. Ini Alasannya!

Disdukcapil Bintan memprioritaskan pencetakan e-KTP penduduk pemula. Selain perintah provinsi, ini alasan utamanya!

Soal Pencetakan e-KTP, Disdukcapil Bintan Prioritaskan Penduduk Pemula. Ini Alasannya!
kompas.com
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan Yudha Inangsa mengatakan, berkas para pemohon KTP Elektronik yang menumpuk di kantornya saat ini telah diutak atik dan dibongkar.

Baca: Gara-gara Sediakan Kopi Enak, Warung Kopi Ini Digerebek. Ini Cewek-cewek Pembikin Kopi Enak nya!

Baca: Berani! Beginilah Cara Gadis Seksi Ini Promosikan Layanan Begituan di Medsos! Ini Foto Andalannya!

Jumlanya capai 4000 lebih. Pembongkaran berkas harus dilakukan dalam rangka peberbitan E KTP. Kebetulan blankonya sudah tersedia di kantor Disdukcapil.

"Menumpuk sudah 4000 lebih berkas. Kami seleksi, cek, kalau memamg statusnya sudah print ready record berarti sudah bisa dicetak, datanya sudah dikembalikan oleh pusat ke kita, lalu kita cetak blankonya,"ujar dia, Rabu (26/4).

Dia menyampaikan, sejak Jumat (21/4) pekan lalu, pencetakan blanko E KTP di kantor Disdukcapil sudah ramai. Beberapa berkas pemohon yang sudah dicetak sudah sampai ke tangan yang bersangkutan. "Tiga hari lalu sudah 6 orang yang datang mengambil E KTPnya. Kemarin dan hari ini kita terus membongkar berkas permohonan untuk dicetak,"ujar dia.

Yudha mengakui, kecepatan pihaknya mencetak blanko E KTP pada 2017 ini agak lambat jika dibandingkan pada 2016 lalu. Penyebabnya adalah aplikasi pencetakan data yang digunakan saat ini berbeda.

"Mungkin kalau periode lalu dengan aplikasi yang lama itu kita bisa cetak, cetak, cetak kemudian include belakangan, kalau sekarang agak lambat. Dulu kita masukan blanko itu 15 keping ke dalam printer, kita cetak hingga 2 menit, lalu kita buka datanya kita include data ke chip masing masing blanko yang sudah tercetak, itu tidak habis waktu lima menit,"kata dia.

Sekarang lanjut dia data harus dimasukan terlibih dulu. Prosesnya begini, petugas harus membuka dulu data base berkas pemohon lalu dimasukan lagi ke chip dalam setiap keping blanko, lalu diprint dan dimasukan lagi ke dalam E KTP. Kualitas pencetakannya lebih bagus namun waktunya agak lama. "Bisa bisa sampai 10 menit, kalau dulu cukup lima menit selesai,"kata Yudha.

Dia memastikan, semua berkas pemohon E KTP sama sama diprioritaskan dalam pencetakan. Namun diantara yang paling prioritas, adalah pemohon E KTP usia pemula. Hal itu sesuai yang direkomendasikan pemrov Kepri. Alasannya cukup banyak, diantaranya untuk mempermudah pemohon usia baru menggunakan E KTP melanjutkan jenjang pendididkan.

"Saran provinsi begitu. Karena usia pemula ini berencana untuk melanjutkan sekolah, seperti nanti mau lanjut pendidikan ke luar daerah, tapi ada syarat khususnya. Berkas harus sudah dalam posisi ready record, dalam arti foto orangnya sudah fix, data jari jarinya, alis matanya, tandatangannya, tidak ada satupun yang kurang,"ujar Yudha.(*)

Penulis: Aminudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved