Sebaiknya Anda Tahu

Waspadalah! Antena TV Tingkatkan Potensi Sambaran Petir, Ini Penjelasannya!

Waspadalah! Antena televisi berpotensi tingkatkan kerawanan sambaran petir. Begini penjelasannya!

Waspadalah! Antena TV Tingkatkan Potensi Sambaran Petir, Ini Penjelasannya!
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Hal-hal kecil yang kita lakukan tanpa sadar bisa meningkatkan potensi tersambar petir. Antena TV yang biasa dipasang untuk meningkatkan kualitas gambar, misalnya, malah meningkatkan kerawanan.

Baca: Mahasiswi Dibunuh Pacarnya! Begini Cerita Selengkapnya, Soniya Diseret dan Dibunuh dengan Sadis

Baca: Ehem! Mengintip Kisah-kisah di Balik SPG Bintang Lima di Pameran IIMS 2017! Jangan Penasaran Ya!

Peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat, mengatakan bahwa selama ini banyak orang salah mengerti tentang kilat.

Kasus orang tersambar listrik saat menonton TV memang terjadi. Namun, itu bukan berarti listrik dan pesawat TV itu sendiri pemicunya.

"Kasus orang yang tersambar petir karena menonton TV biasanya terjadi karena orang itu memasang antena TV tingi-tinggi," kata Syarif.

"Antena TV itu akhirnya menjadi obyek paling tinggi di rumah sehingga kena sambaran petir. Listrik dari petir dihantarkan lewat kabel antena dan sampai ke TV," imbuhnya.

Manusia berpotensi tersambar petir yang sampai ke pesawat televisi bila berada pada jarak yang terlalu dekat, kurang dari dua meter.

"Akhirnya listrik dari petir akan sampai pada manusia dengan mekanisme side flash," ungkap Syarif saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/4/2017).

Agar aman dari ancaman petir, antena TV tak perlu dipasang tinggi-tinggi. Rumah juga perlu dipasang obyek yang berfungsi menangkal petir.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved