Sebaiknya Anda Tahu

Ini yang Terjadi Pada Kulit Menjelang Usia 40 Tahun, Bagaimana Dengan Anda?

Ini yang Terjadi Pada Kulit Menjelang Usia 40 Tahun, Bagaimana Dengan Anda?

Ini yang Terjadi Pada Kulit Menjelang Usia 40 Tahun, Bagaimana Dengan Anda?
istockphoto
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Perubahan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia merupakan proses alami manusia. Beberapa keluhan yang sering dikemukakan wanita menjelang usia 40 tahun adalah kulitnya tak lagi kenyal, timbulnya flek hitam, dan kulit cenderung kering.

Baca: Ngeri! Usai Beginian di Kamar Hotel, WN Singapura Tewas Lompat Dari Lantai Lima! Ini Identitasnya!

Baca: Heboh Razia Diskotik! Asyik Dugem, Dua Siswi SMA Menjerit Saat Ininya Bakal Dimasukin Selang!

Baca: Ngeri! Angkot Batam Terbalik di Turunan Bukit Daeng, Sopir Muntah-muntah!

Ditemui Nova.ID dalam acara seminar bersama Sariayu Martha Tilaar dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rabu (12/4) lalu, dr. Diah Puspitosari, SpKK., menjelaskan kulit adalah organ yang paling luas di tubuh manusia yang ketika memasuki usia tertentu banyak mengalami perubahan.

"Itu proses yang alami. Menjelang usia 40 tahun kekencangan dan kekenyalan kulit berkurang disebabkan kolagen pada kulit menurun," katanya.
Kelembapan kulit juga berkurang karena dipengaruhi sifat kolagen yang mengikat air. Itu sebabnya kulit wanita usia 40 tahun cenderung menjadi kering. Selain itu, lapisan epidermis wanita usia 40 lebih tebal dari usia muda.

"Epidermis wanita saat berusia 40 tahun menebal, sementara pada usia muda sangat tipis. Sehingga tumpukan kulit mati pun tebal," tambahnya.
Diah mengatakan, ada dua faktor yang menyebabkan kulit wanita menjelang usia 40 tahun mengalami perubahan:

Faktor Internal
1. Emosi
Wanita yang memiliki emosi tinggi dan mudah sekali marah membuat kulit banyak mengalami perubahan elastisitas. Tidak menutup kemungkinan munculnya tanda penuaan, seperti kering dan kerutan di area wajah.

2. Kepribadian
Kepribadian sesorang memengaruhi kekenyalan kulit wajah seseorang. Misalkan seseorang yang tegas dan keras, kulit wajahnya cenderung kaku dan kencang daripada seseorang yang memiliki kepribadian yang pendiam.

3. Makanan
Makanan mengambil andil yang cukup besar terhadap kulit wajah memasuki usia 40 tahun. Seseorang yang terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayur kulitnya akan cenderung lebih sehat dan lembap. Sebab buah dan sayur banyak mengandung vitamin C yang dampaknya cukup baik untuk kulit.

Halaman
12
Editor:
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved