BATAM TERKINI

Latih Kesigapan Karyawan, ATB Gelar First Aid Training

Materi yang diajarkan, lebih terkait tanggap daruratan. Mulai pemberian nafas buatan, evakuasi, pengetahuan bahaya keracunan dan tindakannya.

Latih Kesigapan Karyawan, ATB Gelar First Aid Training
TRIBUN BATAM/ISTIMEWA
Karyawan PT Adhya Tirta Batam saat mengikuti program first aid training yang dilakukan di Rumah Sakit Awal Bros Batam 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - PT Adhya Tirta Batam menggelar first aid training di Rumah Sakit Awal Bros. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 8-9 Mei 2017 itu merupakan wujud peningkatan kesadaran karyawan terhadap pentingnya pertolongan pertama pada kondisi darurat di lingkungan perusahaan.

Sekaligus membantu perusahaan dalam hal ini QHSE Departemen, untuk memberikan pembinaan dan pengembangan pengetahuan berkenaaan dengan tindakan pertama pada kondisi darurat. Bagi semua karyawan yang ada di lingkungan kerja.

"Pada pemahaman terdahulu, jika ada kecelakaan kerja maka yang akan bertindak adalah petugas dari P3K-nya saja. Namun kini semua orang yang ada di lokasi kejadian bisa langsung mengambil tindakan atau pertolongan pertama pada kecelakaan," kata QHSE Manager ATB, Roni Hartawan Ariyanto, dalam rilis yang diterima Tribun Batam, Jumat (12/5/2017) pagi.

Roni juga mengatakan 16 karyawan yang mendapatkan pelatihan First Aid tersebut, nantinya akan diberikan tanggungjawab berupa penyebarluaskan pengetahuan mereka terkait ketanggap daruratan yang sudah mereka terima kepada rekan sekerja mereka. Sehingga dampak dari efek negatif dari kecelakaan kerja bisa dihindari.

Materi yang diajarkan, lebih kepada berkenaan dengan tanggap daruratan. Mulai dari pemberian nafas buatan, evakuasi, pengetahuan apakah itu bahaya keracunan atau tidak dan tindakannya.

Baca: Masih Sembunyikan Aset? Bersiaplah, Ditjen Pajak Bakal Gelar Razia

Baca: WADUH. Takut Telat Kerja, Pria Ini Nekat Terobos Pohon Tumbang

Baca: ASTAGA. Lihat Cara Wanita Ini Bersihkan Kaca di Lantai Tujuh. Kalau Kepleset?

Hingga proses apa saja yang harus dilakukan untuk korban yang mengalami kecelakaan kerja dengan kondisi patah tulang dan sebagainya, sebelum akhirnya dirujuk ke rumah sakit.

"Pelatihan ini merupakan agenda tahun yang dibuat oleh ATB. Dan semua peserta yang dianggap telah lulus akan mendapatkan sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan latihan ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seluruh karyawan di lingkungan kerja yang bertujuan untuk mengantisipasi datangnya keadaan darurat.

Sehingga semua orang pada saat itu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk selamat.

Alasannya sederhana, karena kita tidak tahu kapan bencana itu datang, maka dari itu kita membutuhkan ketersediaan kita untuk menghadapinya.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved