CATAT. Motor dengan Knalpot Racing Tak Akan Dilayani SPBU

SPBU tidak akan melayani pengisian bahan bakar buat motor-motor yang menggunakan knalpot tidak standar pabrikan, misalnya jenis racing atau bobokan.

CATAT. Motor dengan Knalpot Racing Tak Akan Dilayani SPBU
tribunbatam/ian pertanian
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gara-gara kejadian kebakaran di SPBUdi Salatiga, Jawa Tengah, bulan lalu, pihak Pertamina bersama penyelenggara SPBU memilih bertindak preventif.

Kebijakan yang diambil yaitu tidak melayani pengisian bahan bakar buat motor-motor yang menggunakan knalpot tidak standar pabrikan, misalnya jenis racing atau bobokan (melepas silencer).

Di Salatiga, kebakaran dipicu percikan api yang keluar dari knalpot modifikasi motor konsumen. Api menyambar truk yang sedang mengisi bahan bakar, kemudian membesar dan menyebar.

“Berdasaran pengalaman selama ini kalau knalpot tidak standar, waktu di starter, muncul bunga api yang sangat membahayakan bagi keselamatan,” ucap Vice President Fuel Marketing PertaminaAfandi saat dihubungi Otomania, Rabu (17/5/2017).

Baca: Modern Dance Makin Energik Makin Gaul

Baca: KPK Ajukan Izin Gunakan 100 Senjata Api

Baca: Sudah Kantongi Identitas, Polisi Buru Satu Pelaku Begal di Marina

Baca: Sibuk Kerja di Depan Komputer, Begini Caranya Agar Tubuh Tetap Sehat

Selain tidak melayani motor knalpot tidak standar, SPBU juga tidak melayani pengisian bahan bakar ketika kondisi kendaraan menyala. Hal itu juga untuk keselamatan.

Saran Afandi buat konsumen dengan motor berknalpot modifikasi yang ingin mengisi bahan bakar, mematikan mesin di luar SPBU. Setelah mengisi bahan bakar, menyalakan mesin di luar SPBU. (*)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved