Motion

Komunitas Kelas Inspirasi Batam, Sehari Berbagi Selamanya Menginspirasi

Sejumlah pekerja di Batam membentuk komunitas Kelas Inspirasi Batam (KIB). Tujuan utamanya adalah memberikan inspirasi kepada generasi muda.

Komunitas Kelas Inspirasi Batam, Sehari Berbagi Selamanya Menginspirasi
TRIBUN BATAM
Motion 

PENDIDIKAN merupakan satu di antara hal terpenting bagi setiap orang. Apalagi bagi anak-anak usia sekolah. Sebab, pendidikan yang memadai menjadi modal utama dalam masa depan hidup mereka.

Untuk terus menghidupkan semangat mengenyam pendidikan, pastinya para peserta didik memerlukan inspirasi agar terus mau belajar dan menggapai cita-cita.

Bermula dari niat berbagi inspirasi inilah, sejumlah pekerja di Batam membentuk komunitas Kelas Inspirasi Batam (KIB). Tujuan utamanya adalah memberikan inspirasi kepada generasi muda.

Komunitas ini dibentuk sejak tiga tahun silam, tepatnya pada 14 Agustus 2014. Komunitas ini bergerak dalam bidang pendidikan dengan sasaran utama yaitu anak-anak usia sekolah, khususnya yang duduk di bangku sekolah dasar.

Menurut Ketua KIB Muhammad Islahuddin, saat ini ada sekitar 500-an orang yang sudah menjadi anggota komunitas ini. Para anggotanya berasal dari lintas profesi, mulai dari mahasiswa sampai para profesional dari berbagai bidang kerja, seperti dokter, engineer, guru, dosen, jurnalis, polisi, pekerja swasta maupun apatur sipil negara (ASN).

Untuk menjadi anggota KIB, syarat utamanya memang minimal harus menyandang status mahasiswa, sudah bekerja, atau menjadi wirausaha.

Di komunitas ini, anggota dibagi menjadi dua kelompok yakni fasilitator dan inspirator atau pengajar. Untuk fasilitator (penyelenggara setiap kegiatan) berasal dari mahasiswa, sementara inspirator haruslah mereka yang sudah mempunya pengalaman kerja minimal dua tahun.

“Sehingga, inspirasi yang diberikan kepada peserta didik itu betul-betul sudah dirasakan oleh para relawan inspirator,”kata Islahuddin.

Ada sejumlah program reguler yang sudah dilaksanakan para relawan KIB, di antaranya Hari Inspirasi dengan tag line “Sehari Berbagi Selamanya Menginspirasi”. Program ini merupakan kegiatan turun mengajar ke sekolah-sekolah yang dilakukan para relawan inspirator. Biasanya, program ini dilaksanakan empat kali dalam satu tahun.

Bisa dikatakan Hari Inspirasi adalah program besar tahunan. Pada program, pelaksanaannya dibagi, dua kali diadakan di wilayah kota dan dua kali dilakukan di daerah hinterland atau ke pelosok pulau-pulau yang ada di sekitar Batam.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved