Tarif Listrik Batam Naik

Pergub Kenaikan Listrik Tak Berubah, Hanya Angkanya yang Digeser. Seperti Apa?

Gubernur hanya mengubah petunjuk teknis dari Peraturan Gubernur Kepri yang mengatur tentang penyesuaian tarif listrik Batam.

Pergub Kenaikan Listrik Tak Berubah, Hanya Angkanya yang Digeser. Seperti Apa?
Tribun Batam/Argianto DA Nugroho
Walikota Batam HM Rudi menemui warga yang kembali menggelar demo kenaikan tarif listrik di tengah hujan, Rabu (24/5/2017). 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Peraturan Gubernur Kepri Nomor 21 tahun 2017 tidak berubah.

Gubernur hanya mengubah petunjuk teknis dari Peraturan Gubernur Kepri yang mengatur tentang penyesuaian tarif listrik Batam.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kepri, Amjon, saat memberi penjelasan soal kebijakan gubernur menurunkan prosentase besaran kenaikan tarif listrik Batam dari 45 persen menjadi 15 persen.

"Kami tidak mengubah Pergub, yang kami ubah petunjuk teknis Pergub. Ini seperti akan menarik rambut dalam tepung. Bagaimana rambut tak putus, tepung tak berserak," kata Amjon kepada wartawan, Rabu (24/5) di Batam Center.

Dengan begitu, pihaknya berupaya memenuhi keinginan masyarakat agar besaran tarif listrik dapat diturunkan.

Di sisi lain, pihaknya juga berupaya mempertahankan kewibawaan Pergub yang sudah tercatat dalam Lembaran Negara itu.

"Kata kuncinya Pergub tetap kita pertahankan (kenaikan tarif listrik Batam 45 persen). Karena itu wibawa gubernur. Timing kenaikan saja yang kami ubah pada revisinya," ujar dia.

Amjon melanjutkan, jika sebelumnya dalam petunjuk teknis Pergub, kenaikan tarif listrik Batam ditetapkan sebesar 30 persen, kemudian 15 persen pada tahap berikutnya. Bisa saja kini direvisi menjadi 15 persen, 15 persen, 15 persen. Atau 15 persen, 30 persen.”

"Tapi tahap pertama ini 15 persen. Tahap berikutnya kapan, biar nanti Pak Walikota, Gubernur, DPRD provinsi maupun DPRD kota berembuk dulu. Yang jelas tahap pertama ini keinginan masyarakat kami penuhi," kata Amjon.

Halaman
12
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved