WADUH! Jutaan Imigran Bersiap ke Eropa Musim Panas Ini

Dari jumlah itu terdapat 2,5 juta orang di Afrika Utara kini tengah menanti kesempatan untuk melakukan perjalanan berbahaya menuju Eropa

WADUH! Jutaan Imigran Bersiap ke Eropa Musim Panas Ini
ITALIAN NAVY / AFP
Dalam foto yang dirilis Angkatan Laut Italia ini terlihat sebuah perahu motor AL Italia membawa sejumlah imigran gelap yang diselamatkan di dekat Pulau Lampedusa, Italia pada Kamis (2/1/2014). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Eropa pada musim panas ini berpotensi menghadapi gelombang imigran baru. Demikian peringatan dari sebuah laporan pemerintah Jerman yang bocor ke media.

Rincian laporan yang diperoleh harian terbitan Jerman, Bild, menyebut, sebanyak 6,6 juta orang menunggu di berbagai negara di sekitar Laut Tengah untuk menyeberang ke Eropa.

Dari jumlah itu terdapat 2,5 juta orang di Afrika Utara kini tengah menanti kesempatan untuk melakukan perjalanan berbahaya menuju Eropa.

Pemerintahan kanselir Angela Merkel belum mengomentari laporan tersebut, yang menurut Bild berstatus rahasia dan hanya digunakan untuk kepentingan internal pemerintah.

Baca: Perahu Imigran Karam di Lepas Pantai Libya, Puluhan Orang Hilang

Baca: Gadis 15 Tahun Imigran Kenya Ini Membuat Heboh London. Suaranya Bikin MERINDING

Muncul kekhawatiran jumlah imigran akan meningkat signifikan ketika cuaca musim panas lebih bersahabat untuk melakukan perjalanan laut.

Jumlah imigran yang menggunakan perahu untuk mencapai Eropa meningkat sejak rute darat lewat negara-negara Balkan ditutup sejak tahun lalu.

Para imigran dan pengungsi yang menanti di Afrika Utara itu termasuk warga Suriah dan Irak selain para pengungsi ekonomi dari Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Laporan tersebut juga memperingatkan jumlah imigran yang menanti untuk menyeberang ke Eropa bertambah 650.000 orang sejak akhir Januari, sebuah peningkatan sebanyak 12 persen.

Halaman
12
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved