Wastafel Mampet Karena Lapisan Lemak? Jangan Emosi, Begini Cara Mengatasinya

Membersihkan wastafel bisa jadi tantangan tersendiri jika area tersebut dipenuhi dengan noda lemak maupun noda kotoran lain.

Wastafel Mampet Karena Lapisan Lemak? Jangan Emosi, Begini Cara Mengatasinya
IDEA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Membersihkan wastafel bisa jadi tantangan tersendiri jika area tersebut dipenuhi dengan noda lemak maupun noda kotoran lain.

Sebab, membersihkan lapisan lemak tentu berbeda dengan membersihkan plastik yang menyumbat pipa pembuangan di wastafel.

Namun, Anda tak perlu galau karena ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkannya agar area wastafel kembali kinclong.

Berikut ini beberapa caranya:

1. Cairan pembersih

Cairan pembersih ampuh untuk membersihkan kotoran sisa makanan, lapisan lemak, bahan plastik yang tipis (semacam plastik gula).

Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kuras air yang menggenang di wastafel hingga kering, kemudian tuangkan cairan pembersih secukupnya ke lubang wastafel. Berhati-hatilah ketika menuangkan cairan pembersih, gunakan sarung tangan, dan segera tutup lubang wastafel dengan wadah plastik yang diposisikan terbalik untuk menghindari luapan kotoran dan zat asam dari cairan pembersih. Tunggu kira-kira 15 menit, lalu siram lubang wastafel dengan air dingin. Bahan cairan pembersih ini aman bagi pipa air.

2. Menggunakan kawat spiral

Kawat spiral tidak dapat digunakan untuk membersihkan wastafel pampat karena sumbatan bahan semacam plastik.  Terdapat 2 jenis kawat spiral, yang satu berbentuk seperti selang dengan tangkai besi untuk pemutar, tipe lain memiliki pemutar seperti alat pancing.

Pertama-tama masukkan ujung kawat spiral ke lubang wastafel, longgarkan hingga mencapai titik buntu, kemudian eratkan pengunci kawat. Untuk tipe kawat spiral yang pertama, tekan kawat berulang kali sedangkan untuk tipe kawat kedua, putar tuas yang tersedia searah jarum jam sambil tekan ke arah titik yang buntu hingga bersih. Longgarkan dan angkat kembali kawat spiral, siram lubang dengan air. Ulangi proses ini hingga lubang wastafel tidak pampat.

3. Bersihkan genangan air kotor dari wastafel yang pampat.

Alirkan air bersih hingga tingginya mencapai ½ tinggi wastafel. Tutup lubang pembuangan wastafel dengan telapak tangan (posisi tangan kanan di atas tangan kiri atau sebaliknya).

Berikan kompresi dengan menekan kuat lubang wastafel berkali-kali hingga sedikit demi sedikit air mengalir ke dalam lubang wastafel. Ulangi kompresi beberapa kali hingga aliran air semakin lancar.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, segeralah mencari cairan pembersih atau kawat spiral agar aliran air ke lubang wastafel semakin lancar. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Idea.grid.id dengan judul : Yuk, Atasi Wastafel Pampat dengan 3 Cara Ini!

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved