Peran Setya Novanto dalam Proyek KTP Elektronik Disebut Lagi. Ini Kata Andi Narogong

Andi kemudian memfasilitasi pertemuan Irman, Sugiharto, Diah Anggraini yang saat itu menjabat Sekjen Kemendagri dengan Setya Novanto

Peran Setya Novanto dalam Proyek KTP Elektronik Disebut Lagi. Ini Kata Andi Narogong
Setya Novanto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eri Komar Sinaga

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Ketua DPR RI Setya Novanto kembali muncul dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Sebelumnya, nama pria yang akrab dipanggil Setnov ini sudah sering diucapkan oleh Nazaruddin, yang pertama kali membongkar kasus ini.

Andi Narogong memperkenalkan diri kepada Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Irman dan Pejabat Pembuat Komitmen proyek KTP elektronik Sugiharto sebagai utusan Komisi II DPR RI.

"Pertemuan pertama Andi di ruangan saya, saya panggil Sugiharto. Yang disampaikan ke saya, dia perkenalan kepada saya diutus komisi II," kata Irman saat memberikan tanggapan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Walau diutus Komisi II yang dalam hal ini mitra kerja Kementerian Dalam Negeri, Andi Narogong mengatakan kunci penganggaran adalah ketua fraksi Partai Golkar yang kini menjabat Ketua DPR RI Setya Novanto.

"Andi menyatakan tetapi Pak Irman, kunci daripada proyek anggaran ini bukan di Komisi II tapi di SN (Setya Novanto)," katanya.

Andi Narogong pun berjanji akan mempertemukan Irman dan Sugiharto dengan Setya Novanto saat itu.

"Karena itu, kalau berkenan saya akan temukan Pak Irman dengan Pak Giarto dengan SN (Setya Novanto)," ucap Irman menirukan kata-kata Andi Narogong saat itu.

Satu pekan setelah pertemuan itu, Andi kemudian memfasilitasi pertemuan Irman, Sugiharto, Diah Anggraini yang saat itu menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dengan Setya Novanto di Hotel Gran Melia, Jakarta.

"Itu lah awalnya pertemuan di Gran Melia. Itu seminggu sebelum ketemu di Gran Melia," kata Irman.

Namun, Andi Narongong tetap pada keterangannya tidak pernah ke DPR dan mengatakan Setya Novanto adalah kunci angggaran.

Editor: Alfian Zainal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved