Semenanjung Korea Memanas

Jepang Desak China Cegah Program Nuklir Korea Utara

Yachi mengatakan kepada Yang, di sela-sela diskusi mereka selama lima jam, bahwa tindakan Korut telah mencapai tingkat provokasi baru

Jepang Desak China Cegah Program Nuklir Korea Utara
AFP/Getty Image
Sejumlah rudal antarbenua ditampilkan Kim Jong-un pada parade militer di Pyongyang, Sabtu (15/4/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penasihat keamanan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendesak China untuk lebih berperan dalam menahan program nuklir dan rudal balistik Korea Utara (Korut).

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Jepang dalam sebuah pernyataan mereka sebagaimana dilaporkan Reuters, Selasa (30/5/2017).

"Jepang dan China perlu bekerja sama untuk mendesak Korut menghindari tindakan provokatif lebih lanjut, dan mematuhi sejumlah hal, seperti resolusi PBB," kata Shotaro Yachi, penasehat keamanan Abe.

Baca: Australia Larang Paedofil Pergi ke Luar Negeri. Ini Alasannya

Baca: GAWAT! Amerika Serikat dan Jerman Saling Kritik. Masalah Ini Jadi Penyebabnya

Yachi mengemukakan hal itu dalam pertemuan di dekat Tokyo dengan Penasihat Negara China Yang Jiechi pada Senin (29/5/2017), bersamaan hari saat Korut menguji coba rudalnya.

Kantor berita resmi Korut di Pyongyang (KCNA), seperti dikutip dari KOMPAS.com mengatakan, bahwa satu rudal balistik baru yang dikendalikan sistem panduan presisi telah diuji.

Selain itu, pemimpin Korut Kim Jong Un telah memerintahkan pengembangan senjata strategis yang lebih kuat.

Baca: Kelompok ISIS Bangun Basis di Asia Tenggara? Ini Sinyalnya

Yachi mengatakan kepada Yang, di sela-sela diskusi mereka selama lima jam, bahwa tindakan Korut telah mencapai tingkat provokasi baru.

Mereka juga membahas masalah-masalah regional yang menjadi perhatian, di mana Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Yang mengusulan kepada pihak Jepang untuk melihat perkembangan China sebagai sebuah peluang, dan bukan ancaman.(*)

* Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul Jepang Mendesak China Menahan Nuklir Korut

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved