BATAM TERKINI

Kepala Dinkes Batam: Libatkan Anak dan Remaja Sebagai Jumantik

Untuk menekan jumlah penderita DBD tidak ada cara lain selain dengan menerapkan 3M plus tersebut di dalam kehidupan masyarakat setiap harinya.

Kepala Dinkes Batam: Libatkan Anak dan Remaja Sebagai Jumantik
TRIBUNBATAM/TRI INDARYANI
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM -Penyakit demam berdarah dengeu (DBD) adalah penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan jika tak segera ditangani. Sehingga, semua masyarakat harus ikut berpartisipasi untuk mencegah penyebaran penyakit yang satu ini. Mengingat dari 204 kasus DBD di Batam telah merenggut sejumlah penderitanya.

Menurut Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, untuk menekan jumlah penderita DBD tidak ada cara lain selain dengan menerapkan 3M plus tersebut di dalam kehidupan masyarakat setiap harinya.

3M Plus tersebut adalah dengan cara menutup, menguras dan menimbun. Langkah ini dinilai paling tepat untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk berkembang di sekitaran rumah masyarakat.

Baca: Kasus DBD di Batam Meningkat, Kadinkes Bagikan Tips Pencegahan

Baca: Butuh Makan, Driver Go-Jek Batam Terpaksa Lakukan Hal Ini

Baca: Driver Go-Jek Resah, Tukang Ojek Pangkalan Masih Lakukan Sweeping

"Hal ini adalah satu-satunya cara antisipasi penderita DBD ," ujar Didi

Begitu juga dengan penerapan Jumantik di rumah. Bahkan,  anak-anak atau remaja bisa dilibatkan untuk berperan aktif sebagai Jumantik.

Dengan cara tersebut juga bisa mengawasi langsung tempat-tempat sarang nyamuk di sekeliling rumah yang terlihat ada genangan air tempat nyamuk berkembang biak, sehingga sarang nyamuk bisa diberantas langsung secara rutinya.

"Kami berharap masyarakat bisa membantu Pemerintah dengan berperan aktif mencegah kasus DBD yang kian menimbulkan korban jiwa. Apalagi, yang sering terkena baru-baru ini didaerah padat penduduk," ujar Didi. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Sabtu 3 Juni 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved