Mellennial

Ternyata Puasa Bikin Wajah Kinclong, Ini Rahasianya!

Berpuasa tidak hanya baik dalam segi kesehatan loh, tapi juga dari segi kecantikan.

Ternyata Puasa Bikin Wajah Kinclong, Ini Rahasianya!
TRIBUN BATAM/ANDRIANI
Mellennial 

PUASA Ramadan sudah memasuki hari ketujuh, tidak terasa ya guys? Pastinya para Mellennials sudah merasakan banyak manfaat dari puasa setiap hari kan.

Berpuasa tidak hanya baik dalam segi kesehatan loh, tapi juga dari segi kecantikan. Sebab, ternyata berpuasa itu baik untuk kesehatan kulit wajah kamu.

Menurut Dokter Hilda L., Dipl. AAAM, Aesthetic Consultant di Miracle Batam, saat berpuasa kerja jantung menjadi lebih sehat dan mencegah diabetes. Puasa juga sangat bagus untuk detoksifikasi tubuh hingga melancarkan peredarah darah.

"Saat berpuasa regenerasi kulit lebih cepat, karena jarangnya tubuh terkontaminasi oleh makanan. Sehingga meminimalisir kuman yang masuk lewat makanan,"ungkap Hilda, Kamis (1/6).

Dengan begitu, lanjutnya, kulit lebih cepat mengalami regenerasi karena tidak adanya hambatan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa.

Saat berpuasa kita hanya makan saat sahur dan berbuka berbeda dengan hari biasa dimana makan bisa lebih dari dari tiga kali dalam sehari. Sehingga menghambat regenerasi kulit.

Selain itu manfaat lain dari berpuasa adalah detoksifikasi tubuh dari racun. Racun yang berada di dalam tubuh bertahap akan lebih cepat dikeluarkan dari biasanya. Sehingga kulit wajah akan tampak bersih, segar, kenyal, dan lebih cerah.

Bahkan, kata Hilda, masalah yang paling ditakuti oleh wanita yaitu jerawat, bisa dicegah saat berpuasa. Jerawat bisa ditimbulkan dari ketidakseimbangan hormon, dan tidak lepas pula dari yang namanya detoksifikasi dan racun dalam tubuh.

Jerawat yang timbul dari bakteri dan racun dalam tubuh, akan lebih cepat hilang karena detoksifikasi yang cepat.

"Racun yang keluar dalam tubuh dikeluarkan bisa melalui keringat, atau pun saat buang air kecil, dengan berpuasa proses regenerasi dan detoksifikasi lebih ringan karena tidak adanya hambatan untuk melakukan regenerasi," ungkap dr. Hilda. (*)

TIPS Wajah Sehat Saat Puasa
*Makan makanan yang bergizi, terutama perbanyak konsumsi buah, sayur dan minum air putih lebih diperbanyak. Agar tubuh tidak dehidrasi karena kekurangan cairan
*Gunakan krim wajah dan sun block wajah. Ukuran spf bisa 15, 25 atau 50. Gunakan empat sampai lima jam sekali agar tetap dalam menjaga kulit wajah dari sengatan matahari.
*Tetap fokus pada ibadah bahwa berpuasa karena suatu kewajiban dan keharusan. Sedangkan saat kulit wajah kamu lebih baik saat puasa itu adalah bonus atau hal lebih dari ibadah berpuasa. (*)

Tags
wajah
puasa
Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved