Tekan Pencucian Uang, BI Tertibkan 455 Money Changer Tanpa Izin

Penertiban tersebut terbagi menjadi dua tahap. Pertama, BI menertibkan sebanyak 262 KUPVA di 10 wilayah.

Tekan Pencucian Uang, BI Tertibkan 455 Money Changer Tanpa Izin
Istimewa
Ilustrasi mata uang dollar 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah menertibkan 455 money changer atau Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA) tak berizin di seluruh Indonesia hingga akhir Mei 2017. 

Penertiban tersebut terbagi menjadi dua tahap. Pertama, BI menertibkan sebanyak 262 KUPVA di 10 wilayah. 

Setelah itu, tahap kedua di pertengahan Mei 2017 BI kembali menertibkan 193 KUPVA di 12 wilayah penyebaran KUPVA ilegal di Indonesia. Hingga saat ini, BI tengah memproses pengajuan izin KUPVA sebanyak 138. 

Penertiban ini merupakan tindak lanjut pasca bank sentral mengindikasikan sedikitnya ada sebanyak 783 KUPVA tak berizin yang tersebar di Indonesia akhir Maret 2017 lalu. 

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, langkah tersebut diambil lantaran penyedia jasa penukaran uang tak berizin berpotensi digunakan untuk tindakan ilegal seperti pencucian uang, penyalahgunaan uang negara atau korupsi, narkoba hingga kegiatan pembiayaan terorisme.

Baca: Daftar Sendiri dan Gagal Masuk SMP Impian, Begini Reaksi Bocah Lulusan SD Ini

Baca: Lakukan Empat Deteksi Ini Untuk Mencegah Kanker Payudara

Baca: Buat Buka Puasa, Coba Es Timun Teh Hijau yang Segar Ini

"Bahkan begitu banyak penyelundupan barang ke Indonesia, itu pembiayaannya melalui money changer tidak berizin," ujar Agus, di Jakarta, Senin (5/6).

Agus menambahkan, hanya 48% dari total 783 money changer yang terindikasi dan belum terdaftar secara resmi yang digunakan semata-mata untuk penukaran valuta asing. Sementara 38% lainnya dijalankan sebagai toko emas, 8% sebagai agen wisata dan sisanya masuk ke dalam kategori lain-lain.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved