Penerimaan Siswa Baru

Program Baru SMKN 1 Batam. Tak Cuma Belajar di Kelas Tapi Juga di Industri

Dalam program baru ini siswa kelas X, akan mengikuti proses belajar mengajar dengan pola belajar industri, tiga hari di kelas tiga lagi di industri.

Program Baru SMKN 1 Batam. Tak Cuma Belajar di Kelas Tapi Juga di Industri
tribunnews batam/ian pertanian
Suasana penerimaan calon murid baru SMKN 1 Batam, Senin (13/6/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Batam tahun ajaran 2017/2018 memiliki program pendidikan baru, dengan nama Pendidikan Sistem Ganda (Dual System) khusus untuk kelas Mekatronik Epcos.

Dalam program baru ini anak didik kelas X, akan mengikuti proses belajar mengajar dengan pola belajar industri yang mana sistem belajarnya tiga hari di sekolah dan tiga hari di Industri. Dalam program Epcos ini anak kelas X akan mendapat insentif atau uang saku sejak kelas 10 atau tahun pertama masuk sekolah.

Kepala SMKN I Batam Lea Lindrawijaya mengatakan, penerapan pola ini sesuai dengan contoh pendidikan ganda yang diterapkan di Jerman guna mencetak lulusan yang memiliki komptensi lebih siap kerja.

"Ini kerja sama dengan PT Epcos Indonesia di Batam. Orientasinya tamat bisa langsung kerja. Tapi kalau anak mau kuliah ya tak apa-apa," ujar Lea.

Sesuai dengan kebijakan dari Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI kelas Mekatronik Epcos ini juga masuk dalam program belajar empat tahun dan saat tamat nanti siswa dari kelas ini sudah setara dengan Diploma I (D1).

Baca: Masuk Minggu Kedua Ramadan, Begini Kondisi Pelabuhan Domestik Sekupang

Baca: Cara Ajukan Perubahan U-Turn Jalan Karena Terlalu Jauh

Baca: Camat Batuaji: Semua Bangunan Akan Ditertibkan, Tapi Bertahap

Dijelaskan Lea, untuk tahun ajaran 2017/2018, SMKN I Batam akan menerima 20 siswa saja. "Ini sesuai kerja sama dengan PT Epcos Indonesia," kata Lea.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk kelas Epcos ini sama dengan yang lain yakni tanggal 3 Juli mendatang.

Prosedur pendaftaran mulai pengambilan token atau password di sekolah agar bisa akses ke website sekolah. Token tersebut sudah bisa diambil mulai tanggal 30 Juni mendatang.

Setelah dapat token, calon siswa bisa mengisi data-data persyaratan pendaftaran pada formulir yang ada di website sekolah tersebut sebelum daftar secara off line ke sekolah.

"Khusus untuk kelas Epcos ini, untuk sesi tesnya akan dilakukan tim gabungan dari sekolah dan pihak PT Epcos, karena pihak Epcos memang terlibat langsung dengan kelas ini nanti," terang Lea.

Jika diterima dan lolos test PPDB tersebut, siswa yang masuk kelas Epcos ini juga akan mendapat insentif dari pihak PT Epcos. "Insentifnya langsung didapatkan mulai tahun pertama itu juga dan saat tamat nanti kalau mau langsung kerja mereka masuk level teknisi," kata Lea. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Kamis 8 Juni 2017

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved