Krisis Diplomatik di Qatar

Chad Panggil Duta Besarnya dari Qatar

Chad telah bergabung dengan beberapa negara Afrika lainnya yang telah lebih dahulu menunjukkan dukungan kepada Arab Saudi dan sekutunya

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, NDJAMENA - Setelah Senegal, Chad memanggil pulang duta besarnya dari Qatar untuk berkonsultasi, demikian kementerian luar negeri Chad, Kamis (8/6/2017).

Dengan demikian, Chad telah bergabung dengan beberapa negara Afrika lainnya yang telah lebih dahulu menunjukkan dukungan kepada Arab Saudi dan sekutunya di tengah krisis diplomatik di kawasan tersebut.

Pengumuman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Chad itu muncul sehari setelah Senegal yang juga telah lebih dahulu memanggil pulang duta besarnya dari Doha, Qatar, Rabu (7/6/2017), sebagai solidaritas aktif kepada Arab Saudi.

“Senegal telah memutuskan, sejak hari Rabu, 7 Juni 2017, memanggil duta besarnya dari Qatar untuk konsultasi,” kata Kemenlu Senegal dalam pernyataannya, Rabu.

Baca: Arab Saudi Cs Keluarkan Daftar 59 Orang dan 12 Entitas Qatar yang Diduga Dukung Terorisme

Baca: Qatar Tarik Pasukan dari Koalisi Arab Saudi

Baca: Pemain Tolak Mengheningkan Cipta untuk Korban Teror. Federasi Sepakbola Arab Saudi Minta Maaf

Mauritania, yang merupakan anggota Liga Arab, pada Selasa memutuskan hubungannya dengan Qatar, menyusul langkah serupa yang sudah lebih dulu diambil oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir.

Sementara itu, Gabon menyatakan kecamannya terhadap Doha.

"Pemerintah Chad mengimbau semua pemerintah (negara) terkait untuk melakukan dialog guna menyelesaikan krisis ini,” kata Kemenlu Chad dalam pernyataannya.

Chad juga meminta Qatar untuk menghormati komitmen-komitmennya dengan menghentikan tindakan yang dapat mengganggu hubungan erat negara-negara di kawasan dan perdamaian di dunia.(*)

* Berita ini juga tayang di KOMPAS.com dengan judul Mengikuti Senegal, Chad Panggil Pulang Dubesnya dari Doha

Tags
Chad
Qatar
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved