Mellennial

Ramadan Jadikan Sebagai Self-Control

Selain manfaat religius, banyak nilai tambah yang bisa kamu dapatkan selama berpuasa. Apa saja kira-kira?

Ramadan Jadikan Sebagai Self-Control
TRIBUN BATAM
Mellennial 

BERPUASA memiliki segudang manfaat di dalamnya. Selain manfaat religius, banyak nilai tambah yang bisa kamu dapatkan selama berpuasa.

Secara kecantikan, puasa baik untuk detoksifikasi tubuh yang memudahkan regenerasi kulit wajah yang membuatnya terus kinclong.

Berpuasa juga sangat baik untuk kesehatan mental atau psikologis kamu karena puasa puasa mempunyai fungsi sebagai self control untuk mengelola, mengendalikan pikiran, dan perasaan (emosi) dari tindakan negatif.

Hal tersebut disampaikan Yuditia Prameswari, M.Psi dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI - Kepri). Ia menjelaskan puasa di Bulan Ramadan dapat meningkatkan kemampuan empati seseorang, terutama kepada mereka yang kurang mampu.

Selain itu saat puasa kerja organ tubuh juga menjadi lebih teratur sehingga peredaran darah cenderung stabil. Peredaran darah yang stabil, membuat pikiran lebih tenang, sehingga lebih banyak berkomunikasi terhadap diri sendiri untuk introspeksi diri.

Berpuasa juga melekatkan emosi dengan keluarga karena saat berpuasa Ramadan inilah banyak berkumpul, mengobrol, dan melakukan ibadah bersama.

“Yang berada di luar kota juga merasakan hal tersebut dengan meningkatnya komunikasi untuk saling mengingatkan sahur, merencanakan mudik atau pun hal sederhana lainnya," ungkap Yuditia, Kamis (8/6/2017).

Saat berpuasa, para Mellennials bukan hanya menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu. Saat berpuasa memang orang terkadang lebih sensitif karena rasa lapar dan hausnya tetapi emosi atau kesal akan terkontrol saat kembali mengingat bahwa kita tengah berpuasa. (*)

TIPS Agar Puasa Senantiasa Berkah
1. Alihkan hal-hal yang diduga dapat memicu pikiran, perasaan dan tindakan negatif dengan meningkatkan hal lain yang positif.
2. Sebelum melakukan sesuatu pikirkan kembali tentang resiko dan keuntungan yang didapatkan.
3. Selalu ingat bahwa kita sedang dalam sebuah bulan penuh kerahmatan di Bulan Suci Ramadan.
4. Perbanyak sholat, zikir, dan tadarus agar tidak memiliki pikiran yang negatif.
5. Sering membantu orang yang sedang dalam kesusahan dan bersedekah. (*)

Tags
Ramadan
Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved