WNI di Italia Jalani Puasa Ramadhan Selama 18 Jam. Begini Potret Kebersamaan Mereka

Apalagi, mayoritas penduduk setempat bukan beragama Islam, sehingga suasana sehari-hari di Italia jauh dari suasana Ramadhan

WNI di Italia Jalani Puasa Ramadhan Selama 18 Jam. Begini Potret Kebersamaan Mereka
DOKUMENTASI KBRI ROMA
Suasana ngabuburit warga Indonesia di Italia, diisi dengan ceramah keagamaan dan acara buka puasa bersama. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ROMA - Menahan lapar dan dahaga di tengah terik sinar matahari musim panas di Eropa, selama hampir 18 jam setiap hari, tentu bukan perkara mudah.

Apalagi, mayoritas penduduk setempat bukan beragama Islam, sehingga suasana sehari-hari di Italia jauh dari suasana Ramadhan.

Namun hal itu tak menjadi alasan. Banyak warga muslim Indonesia diItalia tetap menjalankan ibadah ini.

Mereka terlihat antusias melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dan silaturahim, guna mengisi bulan yang dipercaya umat Muslim sebagai bulan penuh hikmah dan ampunan tersebut.

Sudah menjadi tradisi tahunan kelompok Nadwah Ukhuwah Roma(NUR) mengundang seorang dai atau mubaligh dari Indonesia guna memandu kegiatan Ramadhan bagi muslim Indonesia di Roma.

Seperti disebutkan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (11/6/2017), acara ini menjadi wadah silaturahim masyarakat muslim Indonesia di Roma yang bekerja sama dengan KBRI Roma.

Tahun ini, NUR dan KBRI Roma bekerja sama dengan Dompet Dhuafa mendatangkan Ustad Khumaini Rosadi yang berasal dari Bontang, Kalimantan Timur.

Selain di Roma, kegiatan Ramadhan masyarakat Indonesia di Italia juga akan diselenggarakan di kota dengan warga Indonesia terbanyak, Milan.

Berbagai kegiatan dimanfaatkan bukan hanya untuk menambah pengetahuan agama, namun juga menjadi ajang berkumpul bersama.

Dari diskusi keislaman selepas shalat dzuhur berjamaah pada hari kerja, hingga pengajian Al-Quran bagi anak-anak dan muslimah masing-masing dua kali sepekan.

Halaman
123
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved