Mellennial

Penyakit Jantung Bisa Kok Dicegah Sejak Dini. Simak Tips Berikut Ini

Serangan jantung bisa dikarenakan akumulasi dari pola makan, pola istirahat, pola kerja, rokok, dan turunan.

Penyakit Jantung Bisa Kok Dicegah Sejak Dini. Simak Tips Berikut Ini
TRIBUN BATAM/ANDRIANI

BERPUASA di bulan Ramadan memang bagi tubuh. Selain untuk kecantikan dan kesehatan emosional, berpuasa juga sangat bermanfaat mengurangi risiko serangan jantung sejak dini.

Para Mellennials, risiko penyakit jantung bisa saja mendera siapapun, baik yang sudah berumur maupun kawula muda.

Penyebabnya, bisa karena gaya hidup tidak terkontrol. Serangan jantung bisa dikarenakan akumulasi dari pola makan, pola istirahat, pola kerja, rokok, dan turunan.

Menurut Dokter Afdhalun Hakim SpJP,FIHA, spesialis jantung dan pembuluh darah di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, penyakit jantung biasa cepat menyerang mereka yang mempunyai penyakit darah tinggi, perokok, kadar kolestrol tinggi, stres, obesitas dan mempunyai kepribadian yang gampang marah dan emosi.

Dokter Afdhalun juga mengungkapkan, faktor lain yang dapat mengakibatkan penyakit jantung adalah saat seseorang marah karena tekanan darah dan denyut jantung akan naik mendadak. Jika hal ini terus terjadi maka hormon adrenalin akan meningkat dan mengakibatkan resiko serangan jantung akan mudah mendera.

Saat berpuasa, lanjutnya, banyak hal yang akan diperbaiki sekaligus dapat menyehatkan pula. Dengan berpuasa metabolisme dalam tubuh akan lebih teratur, kadar gula darah dan lemak juga akan turun. Jika berpuasa dengan benar maka berat badan juga akan ikut turun.

“Emosi yang tidak terkontrol juga bisa membuat risiko penyakit jantung karena naiknya hormon adrenalin,”kata Dokter Afdhalun.

Dia menambahkan, saat berpuasa, emosi juga akan terkontrol karena dalam berpuasa, bukan hanya menaham lapar dan haus, tapi menahan emosi dan syahwat. Dengan menjalankan puasa secara benar dan konsisten, maka kamu akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Bagi yang telah mengidap penyakit jantung, RSBP memiliki teknik yang dinamakan operasi non bedah.
Operasi non bedah ini dilakukan di laboraturium kateterisasi (cath lap).

Dalam labor ini akan dilakukan intervensi jantung non bedah yang dapat mendeteksi jantung koroner sekaligus pengobatan jantung koroner menggunakam ring (cincin). (*)

TIPS Hindari Penyakit Jantung
1. Konsumsi makanan yang sehat dan kurangi merokok.
2. Banyak konsumsi makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran.
3. Lakukan olahraga secara teratur
4. Perbanyak minum air putih yaitu minimal delapan gelas dalam sehari.
5. Berpuasa dengan teratur karena puasa dapat menahan emosi. (*)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved