Breaking News:

Penetapan 1 Syawal 1438 Hijriah Diumumkan Sore Ini

Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan merayakan Idul Fitri, 1 Syawal 1438H

Dani Prabowo/Kompas.com
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah) saat memimpin sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Idul Fitri 1347 Hijriah di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (4/7/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Syawal 1438H di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2017) pukul 17.00 WIB.

Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan merayakan Idul Fitri, 1 Syawal 1438H.

Hal itu disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama.

Thambrin mengatakan, sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Baca: Siapkan Basis Baru, ISIS Incar Afganistan

Baca: Dibekuk Aparat, Lima Orang Ini Berencana Ledakkan Masjidil Haram

Baca: LUAR BIASA. Raharjo Mudik dari Bandung ke Madiun Naik Sepeda dan Berpuasa

Selain itu, akan hadir pula Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

"Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah," kata Thambrin.

Sebagaimana isbat awal Ramadlan lalu, proses sidang akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438 H.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved