BATAM TERKINI

Berlaku Seumur Hidup, KTP Elektronik Kadaluwarsa Tak Perlu Diperpanjang

KTP elektronik dengan masa berlaku tertentu tak perlu diperpanjang karena telah berlaku seumur hidup.

Berlaku Seumur Hidup, KTP Elektronik Kadaluwarsa Tak Perlu Diperpanjang
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Proses perekaman data KTP Elektronik, belum lama ini 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Selama ini, Disdukcapil kota Batam menerbitkan e-KTP dalam dua versi. Yakni e-KTP yang memiliki masa berlaku hingga tahun tertentu dan sebagian lagi berlaku seumur hidup.

Bagi yang memiliki e-KTP dengan masa berlaku tertentu diminta tidak perlu khawatir dan tidak perlu memperpanjang masa berlaku jika telah habis karena e-KTP tersebut sudah berlaku seumur hidup.

Kabid pelayanan pendaftaran Disdukcapil Muhammad Teddy Nuh mengatakan, e-KTP masyrakat yang masih ada menggunakan masa berlaku tidak perlu diperpanjang, karena e-KTP yang sudah dikeluarkan tersebut sudah dikatakan e-KTP seumur hidup walaupun masa berlakunya ada.

Hal itu sesuai UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang dokumen kependudukan yang juga mengatur tentang masa berlaku KTP elektronik (e-KTP) sudah diubah menjadi seumur hidup dan e-KTP tersebut tidak perlu diperpanjang, karena masih bisa dipergunakan untuk kepengurusan apapun,walaupun masa berlakunya sudah habis.

Baca: Protes Kinerja Menteri Susi, Ratusan Nelayan Bakal Gelar Aksi. Ini Tuntutan Mereka

Baca: Polisi Segera Sebar Sketsa Wajah Pelaku Penyerangan Hermansyah

Baca: Gaji Anggota DPRD DKI Jakarta Bakal Sentuh Rp 80 Juta Sebulan. Ini Alasannya

"Saya rasa di perusahaan tidak ada masalah akan masa berlaku e-KTP, karena mereka juga mengetahui dan bijak akan peraturan tersebut,"ujar Teddy, Selasa (11/7/2017).

Dan kalau e-KTP ini rusak atau hilang, penduduk pemilik e-KTP wajib melaporkan kepada instansi pelaksana melalui camat, lurah atau kepala desa untuk melakukan kepengurusan e-KTP kembali.

"Bagi yang belum mendapatkan e-KTP namun sudah mengurusnya, saya berharap agar bersabar. Karena kita dari Disdukcapil sudah semaksimal mungkin menyelesaikan pencetakan blangko e-KTP yang sudah diberikan dari pusat pada tahap pertama dan kedua, sekarang ini tinggal menunggu pemberian dari pusat untuk tahap pemberian blangko e-KTP selanjutnya," ujar Teddy. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Rabu, 12 Juli 2017

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved