Sebaiknya Anda Tahu

Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2? Mengejutkan Inilah Jawabannya!

Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2? Mengejutkan Inilah Jawabannya! Begini Penjelasanya!

Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2? Mengejutkan Inilah Jawabannya!
Ars Technica
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-USB 3.0 Promoter Group, sebuah konsorsium gabungan Apple, HP, Intel, Microsoft dan perusahaan lain, baru saja mengumumkan spesifikasi teknologi baru USB 3.2. Teknologi ini bakal meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat.

Baca: Heboh! Ashanty Blak-blakan Rahasia Ranjang Dengan Anang Hermansyah, Ini Kebiasaan Anang!

Baca: Awal Nikah Ngontrak Rumah & Tidur di Lantai, Kini Presenter Ini Punya Rumah Bak Istana

Baca: Heboh! Artis Cantik Mikha Tambayong Tak Pakai Beha, Fotonya Bikin Berdesir!

Baca: Heboh! Bintang Panas Ini Gugat Cerai Suaminya Gara-gara Takut Meninggal saat Begituan!

USB 3.2 dibuat dengan peningkatan kecil yang membuat beberapa lajur di dalamnya bisa dipakai bersamaan (multi-lane operation), baik pada sisi host maupun device. Dengan cara demikian, kecepatan transfer data bisa meningkat mengikuti jumlah lajur yang aktif.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (27/7/2017), kecepatan transfer data, salah satunya bergantung pada protokol yang disematkan pada kabel dan port USB.

Rata-rata port dan kabel memiliki empat pasang kawat yang berfungsi sebagai lajur pemindahan data. Protokol ThunderBolt3, memakai empat pasang kawat itu secara bergantian, sedangkan USB 3.1 hanya memakai dua pasang saja untuk mengirim dan menerima data.

Namun dengan teknologi USB 3.2, keempat pasang kawat tersebut bisa dipakai secara bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja perpindahan data. Kecepatan yang dijanjikan bisa naik hingga dua kali lipat.

Artinya, jika teknologi USB 3.2 ini disematkan kelas USB 3.1 generasi 1 (5 Gbps), maka kecepatan pemindahan data bisa mencapai 10 Gbps. Jika kabelnya diganti memakai kelas USB 3.1 generasi 2 (10 Gbps), maka kecepatan transfernya hingga 20 Gbps.

Meski meningkatkan kecepatan pemindahan data, USB 3.2 hanyalah sebuah perubahan kecil. Cara pemberian kode dan transmisi data tidak akan berubah.

Saat ini, spesifikasi utuh untuk USB 3.2 masih dalam proses penyelesaian. Konsorsium baru akan mengumumkannya pada September 2017 mendatang. (ARS Technica)

Berita ini tlah tayang di Kompas.com dengan judul Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2?

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved