Breaking News:

Kirim Barang Keluar Batam, JNE Wajibkan Kuintansi Pembelian. Pelanggan Kelabakan!

Kirim Barang Keluar Batam, JNE Wajibkan Kuintansi Pembelian. Pelanggan Kelabakan!

Tribun Batam/Yusuf Riadi
Ilustrasi. Seorang pelanggan mendapatkan layanan JNE Batam 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, BATAM-"Kok sekarang susah ya kirim barang dari JNE, aturannya kok banyak kali, harus ada kwitansilah, harus ada NPWP lah, ini barang barang yang mau dikirim cuma baju saja". Inilah ungkapan Sulastri, warga Fanindo yang ingin mengirin paket baju ke Jawa.

Lastri harus balik dari JNE, karena tidak ada kwitansi pembelian baju yang hendak dikirimnya. "Dulu tidak seperti ini ribetnya, kalau mau girim kirim aja,"katanya bersungut sambil berlalu dari kantor cabang JNE yang ada di Fanindo, Batuaji, Sabtu (5/8/2017).

Lastri yang sudah membawa paket yang akan dikirimnya tersebut harus membawa pulang dan mencari tempat pengiriman barang lainnya.

Ditempat yang sama Safrudin, warga FJB Sagulung, yang ingin mengirim obat herbal ke Bekasi juga harus pulang untuk membuat kwitansi pembelian obat yang hendak dikirimnya. Safrudin sempat kebingungan karena obat herbal yang mau dikirimnya harga tidak seberapa.

"Inikan obat herbal untuk Asam urat, harganya cuma Rp 32 ribu, satu kotak, di Bekasi susah nyarinya makanya saya kirim dari Batam,"katanya.

Namun meski demikian Safarudin, tetap disuruh harus buat kwitansi agar bisa mengirim obat herbal tersebut.

Penjaga counter JNE yang ditemui Tribun di Fanindo, mengatakan untuk pengiriman semua barang lewat JNE harus melampirkan kwitansi dan NPWP. "Kalau tidak ada kwitansi dan NPWP, sekarang tidak bisa kirim barang. Ini baru berlaku dua hari belakangan, ada surat edarannya ke JNE pusat,"kata petugas yang tidak mau namanya dikorankan.

Dia juga mengatakan setiap pengirim paket lewat JNE harus menyertakan Kwitani pembelian dan NPWP."Hanya kirim dokumen saja yang tidak perlu menyertakan kwitansi dan NPWP,"katanya.

Ribetnya pengiriman lewat JNE, membuat para pelanggang JNE selama ini, mengeluh pasalnya tidak semua barang yang harus dikirim memiliki kwitansi. Pantauan Tribun di cabang JNE Fanindo Sagulung, banyak pelanggan yang harus putar balik, karena tidak membawa kwitansi dan tidak memiliki NPWP.

Dalam satu jam, sudah ada sekitar 10 orang yang putar balik dari kantor Cabang JNE Fanindo, karena tidak memiliki kwoitansi pembelian barang yang akan dikirimnya. (*)

Penulis: Pertanian Sitanggang
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved