Breaking News:

Sebaiknya Anda Tahu

Terungkap! Begini Perbedaan Bahasa Orang Religius dan Nonreligius di Facebook, Anda Termasuk Mana?

Terungkap! Begini Perbedaan Bahasa Orang Religius dan Nonreligius di Facebook, Anda Termasuk Mana?

Editor:
thinkstock
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Apakah Anda lebih cenderung memasang kalimat kebahagiaan atau hal yang berhubungan tentang keluarga di media sosial Anda?

Ataukah Anda justru sering menggunakan kata-kata emosional dan bersifat kognitif, seperti mengumpat dan mengungkapkan pemikiran terhadap suatu hal?

Baca: BREAKINGNEWS: Sudah 5 Hari Dua Gadis Warga Bengkong Tak Pulang, Ini Fotonya!

Baca: Istri Kerja di Malaysia, Pria Batam Ini Hamili Anak dan Adik Iparnya! Begini Modusnya, Ini Videonya

Baca: Edan! Sebelum Bunuh dan Bakar Pacarnya yang Hamil, Keduanya Sempat Begituan Dulu!

Kata-kata yang Anda gunakan mungkin merupakan petunjuk kekuatan keagamaan Anda. Sebuah penelitian terhadap 12.815 pengguna Facebook di Amerika Serikat dan Inggris mengungkapkan

bahwa penggunaan emosi positif dan kata-kata sosial yang mereka gunakan dikaitkan dengan afiliasi keagamaan. Sedangkan, penggunaan emosi negatif dan proses kognitif lebih sering terjadi pada mereka yang nonreligius daripada mereka yang religius.

Penelitian tersebut mereplikasi hasil akhir Ritter dan kawan-kawan pada penggunaan bahasa orang religius dan nonreligius di Twitter, yang muncul dalam jurnal Social Psychological and Personality Science. Periset dari Amerika Serikat, Inggris, dan Australia memiliki peran dibalik penelitian ini.

"Seperti yang ditemukan Ritter dan rekan-rekannya pada tahun 2013, kami juga menemukan bahwa emosi positif dan kata-kata sosial dikaitkan dengan orang religius, sedangkan emosi negatif dan proses kognitif lebih dikaitkan dengan orang yang nonreligius," ujar David Yaden dari University of Pennsylvania, yang memimpin penulis penelitian.

Dan mereka menemukan beberapa wawasan tambahan; "Individu nonreligius sering membahas fisik dan menuliskan tentang kematian daripada orang-orang religius,” tambah Yaden.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved