Perwira Polda Kepri Bingung Suasana Mendadak Tegang, Sosialisasi Saber Pungli di Anambas!

Perwira Polda Kepri Bingung Suasana Mendadak Tegang, Sosialisasi Saber Pungli di Anambas!

Perwira Polda Kepri Bingung Suasana Mendadak Tegang, Sosialisasi Saber Pungli di Anambas!
Tribunbatam/Septyan Mulia Rohman
Irwasda Polda Kepri sekaligus Ketua Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Kepri, Kombes Pol Heru Pranoto saat memberikan pemaparan di BPMS Jumat (15/9/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Suasana di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) mendadak hening. Bukan karena tidak ada orang yang berada di dalam ruangan tersebut, melainkan sejumlah tamu undangan yang terdiri dari perwakilan OPD, masyarakat, instansi vertikal terlihat serius mendengar sambutan dari Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra.

Suasana tegang pun, kian tampak ketika Ketua Unit Pemberantasan Pungli Provinsi Kepri Kombes Pol Heru Pranoto berdiri untuk memberikan sambutan. Heru yang masuk di Kepulauan Riau sejak tahun 2017 serta menjabat sebagai Irwasda Polda Kepri ini, rupanya cukup tergelitik dengan suasana tegang peserta sosialisasi tersebut.

"Kok suasananya tegang sekali, ya. Begitu kami masuk tadi juga begitu. Mudah-mudahan, kami datang tidak memberi ketegangan kepada Bapak Ibu. Kami datang hanya untuk memberikan sosialisasi," ujarnya Jumat (15/9/2017).

Langkah preventif, diakuinya kerap dikedepankan untuk memberantas serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai larangan pungli, meskipun pihaknya tidak mengelak harus menanggapi keluhan dan laporan dari masyarakat akan dugaan pungli yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Heru mengaku kurang begitu senang dengan cara penindakan, meskipun diakuinya langkah tersebut merupakan alternatif terakhir bila langkah preventif tidak bisa dilakukan. "Langkah preventif ini yang kami besarkan. Jumlah Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang kami lakukan penindakan baru 18 kasus dengan jumlah tersangka mencapai 28 orang. Saya tidak ingin ini bertambah lagi. Saya tidak menginginkan itu," ungkapnya. (*)

Berita terkait baca Harian Tribun Batam edisi Sabtu (16/9/2017)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved