Saat Korut Luncurkan Rudal Lintasi Jepang, AHY Sedang di Tokyo. Begini Kesaksiannya

Agus juga bercerita mengenai pengalamannya saat sedang berada di Jepang. Saat itu, uji coba rudal tengah melintasi daratan Jepang.

Saat Korut Luncurkan Rudal Lintasi Jepang, AHY Sedang di Tokyo. Begini Kesaksiannya
KOMPAS
Agus Harimurti Yudhoyono 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono menuturkan, perkembangan situasi di Semenanjung Korea menjadi salah satu isu yang disoroti The Yudhoyono Institute.

Agus juga bercerita mengenai pengalamannya saat sedang berada di Jepang. Saat itu, uji coba rudal tengah melintasi daratan Jepang.

"Kebetulan ketika itu terjadi saya sedang berada di Tokyo," kata Agus saat membuka roundtable discussion di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2017).

Agus tak menyebutkan lebih rinci mengenai kapan peristiwa itu terjadi. Namun, saat itu pemberitaan di Jepang ramai dengan peristiwa melintasnya rudal di atas Jepang.

"Jadi pagi-pagi ketika bangun di hotel, terliput di media dan warga sekitar ternyata baru saja melintas rudal di atas Jepang," tuturnya.

Hal itu membuat masyarakat Jepang khawatir. Apalagi uji coba dilakukan berkali-kali.

Baca: Setelah Berstatus Presiden, Jokowi Sedih Tak Bisa Lakukan Ini

Baca: Korban Melawan, Perampok Duel di Atas Jembatan. Berakhir Tragis!

Baca: Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Ingin Bawa Barang dari Luar Negeri

Amerika Serikat pun bereaksi atas langkah Korea Utara jika bersikeras mempertahankan aksi militernya.

"Presiden (Donald) Trump mengatakan, 'Kami siap untuk menghancurkan North Korea secara total. Ketika memang tidak bisa ada lagi kompromi dan konsensus.'," kata Agus.

Lebih lanjut, ucap Agus, sanksi ekonomi juga telah dijatuhkan termasuk oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berupa larangan ekspor tekstil dan pembatasan impor minyak. Namun, sikap Korea Utara masih belum berubah.

"Apakah solusi permanen yang dapat diterima semua pihak. Termasuk AS Tiongkok, Rusia, terutama dengan fakta bahwa Korea Utara hari ini memiliki kemampuan nuklir dan delivery system yang mampu menjangkau AS dalam waktu dekat," tutur dia. (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Cerita Agus Yudhoyono Dilintasi Rudal Korut Saat Menginap di Jepang

Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved