Mellennial

Mau Editing Video? Cek Dulu Aneka Aplikasi Kekinian Ini

Untuk pemula yang baru belajar edit video memang lebih tepat menggunakan viva video pro karena banyak fitur mendukung yang disediakan.

Mau Editing Video? Cek Dulu Aneka Aplikasi Kekinian Ini
TRIBUNBATAM/ANDRIANI
mellennial 

ERA milenia kerap diidentikkan dengan maraknya aneka aplikasi media sosial. Semua seakan bisa dilakukan dengan memanfaatkan canggihnya teknologi komunikasi dan informasi.

Tidak heran jika banyak muncul aplikasi-aplikasi kekinian yang diburu para mellenial.

Kemampuan edit video menjadi sesuatu yang mau tak mau menjadi sebuah tuntutan guna mengekspresikan diri. Tak heran mereka pun berlomba memburu dan menikmati aplikasi edit video tersebut.

Begitu banyak aplikasi edit video bermunculan di aplikasi store. Setiap aplikasi pun menawarkan keunggulan masing-masing. Tapi aplikasi edit video yang paling kekinian adalah Viva Video Pro

"Viva video pro ini unggul pada efeknya, ada slow motion, fast motion sama ada animasi -animasi menarik yang berjumlah sekitar 60 efek video yang bisa digunakan. Untuk pemula ini bisa dikatakan aplikasi yang cukup ringan" kata Jason Rizaly selaku video creator di instagram dan 3D stereoscopic miliknya kepada Tribun Selasa (26/9/2017). Dengan kemampuan memainkan aplikasi itu, tentu bisa seru-seruan.

Untuk mengedit video, kamu juga harus melihat ukuran file yang dipunya. Video yang bisa diedit biasanya sekitar ratusan kb sampai belasan mb. Jika berukuran puluhan atau ratusan mb, kemungkinan proses handphone kamu akan melambat atau handphone kamu akan cepat panas.

Ukuran video yang ingin kita buat tergantung dari tipe videonya. Seperti flv, atau mp4. Dan untuk viva video hanya untuk tipe mp4 dengan ukuran 4-10 mb.

Keunggulan dari viva video pro sendiri ini adalah bisa menggabungkan aplikasi kamera menjadi video editing, fitur tema yang menarik, filter video, video efek hingga transisinya.

"Di viva video ada musik yang disediakan. Tapi bisa menggunakan lagu yang ada di mp3 musik hp kita. Background musik bisa sesuai mood kita mau bikin video seperti apa, video ucapan birthday atau sekedar slideshow photo yang romantis. Latar belakang video juga bisa diganti sesuai warna yang kita inginkan," kata Jason.

Untuk pemula yang baru belajar edit video memang lebih tepat menggunakan viva video pro karena banyak fitur mendukung yang disediakan. Kalau sudah merasa pro, kamu bisa berlatih edit video menggunakan PC.

"Kalau PC bisa menggunakan Adobe Premier pro CCdan untuk yang baru belajar bisa menggunakan Camtasia Studio 9 atau Filmora. Adobe Premier Pro CC itu fiturnya manual semua jadi bisa kita yang tentukan, cocok untuk filmmaker, kalau Camtasia Studio 9 / Filmora itu fiturnya udah jadi dan tinggal pakai saja," ujar Jason.(*)

Tutorial Edit Video menggunakan Viva Video Pro:
1. Pilih video yang ada di galeri ponsel Anda. 2. Anda bisa memotong video dengan durasi yang Anda inginkan.
3. Jika video Anda berdurasi 5 menit, potong menjadi 1 menit apabila Anda ingin mengunggah video ini di Instagram. Di samping itu, pengguna aplikasi ini juga bisa mengedit ukuran frame dan posisi fokus pada titik yang diinginkan menggunakan VivaVideo.
4. Kamu bisa menambahkan dengan animasi, atau efek yang sesuai.
5. Bisa pula dikreasikan dengan fast motion atau slow motion. (*)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved