Breaking News:

Gerah dengan Ujicoba Nuklir, China Bakal Tutup Semua Perusahaan Korea Utara

Perusahaan-perusahaan Korut tersebut harus ditutup awal Januari. Perusahaan kerjasama antara China dan Korut juga akan mengalami hal senasib.

AFP/Getty
Pemimpin muda Korea Utara yang ambisius, Kim Jong Un, memimpin pengunjian sistem anti-pesawat terbang terbaru, Sabtu (28/5/2017). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Upaya Amerika Serikat agar China menutup keran uang Korea Utara membuahkan hasil.

Mulai Kamis (28/9/2017), China mengumumkan, perusahaan-perusahaan Korut yang beroperasi di wilayahnya harus segera ditutup.

Kebijakan ini dilakukan China untuk mengimplementasikan sanksi Persatuan Bangsa-Bangsa atas Korut.

Perusahaan-perusahaan Korut tersebut harus ditutup awal Januari. Perusahaan kerjasama antara China dan Korut juga akan mengalami hal senasib.

Menteri perdagangan China mengatakan pihaknya sudah menetapkan batas akhir selama 120 hari sejak dikeluarkannya resolusi bagi semua perusahaan Korut yang berada di perbatasan untuk segera ditutup.

Selama ini, Korut memang terisolasi secara ekonomi dan politik. Namun, beberapa tahun terakhir, mayoritas perdagangan dilakukan dengan China.

Beijing sudah menjadi negara yang sangat melindungi tetangganya. Namun, saat ini, China kerap melancarkan kritik atas ujicoba nuklir dan retorika Korut.

Baca: Sebagian Gugatan Diterima, Hakim : Penetapan Setya Novanto Sebagai Tersangka Tidak Sah

Baca: Kena Sanksi Gara-gara Bercelana Pendek. Khairul : Tak Mungkin Main Futsal Pakai Sarung

Baca: HEBOH! Demi Materi, Ayah Termuda di Inggris Ini Ternyata Korban Rekayasa

Pada awal tahun ini, Beijing membatalkan pembelian batubara dari Pyongyang dan perdagangan makanan laut dan bijih besi di seluruh daerah perbatasan.

Sekadar informasi, China merupakan aliansi utama Korut. Sebelumnya, Negeri Panda ini telah melarang perdagangan tekstil dan membatasi ekspor minyak  dengan Korut.

Langkah ini merupakan respon dunia internasional terhadap ujicoba nuklir keenam Korut dan merupakan ujicoba nuklir paling dahsyat.

Dewan Keamanan PBB dalam  voting yang dilakukan setuju untuk menerapkan sanksi segar terhadap Korut. (*)

 *Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : China akan Tutup Semua Perusahaan Korea Utara

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved