Malaysia Terpaksa Kembalikan Medali Emas SEA Games XXIX. Ini Sebabnya!

Atlet loncat indah puteri Malaysia, Wendy Ng Yan Yee harus mengembalikan medali emas SEA Games XXIX yang diraihnya Agustus lalu. Ini alasannya.

Malaysia Terpaksa Kembalikan Medali Emas SEA Games XXIX. Ini Sebabnya!
KOMPAS.COM
Wendy Ng Yan Yee 

TRIBUNBATAM.id, PETALING JAYA - Atlet loncat indah puteri Malaysia, Wendy Ng Yan Yee harus mengembalikan medali emas SEA Games XXIX yang diraihnya Agustus lalu setelah dinyatakan positif doping.

Dalam pemeriksaan sampel B miliknya, Wendy dinyatakan positif mengonsumsi sibutramine yang dilarang oleh Badan Anti-doping dunia (WADA). Kandungan ini kemungkinan masuk melalui produk pelangsing badan yang dikonsumsinya.

Wendy, 24, pernah mewakili Malasyia di ajang Olimpiade Rio de Janeiro pada Agustus 2016 lalu.  Ia tengah berada di New Delhi untuk mengawasi pembukaan dan pengujian sampel B miliknya.

Uni renang amatir Malaysia melalui sekretaris Mae Chen  membenarkan hasil pengujian sampel B pada kamis (26/10/2107) pagi, namun menolak memberi komentar sebelum bertemu dengan ketua asosiasi, Datuk Seri Shahidan Kassim.

Baca: Pabrik Mercon Meledak - Naik Motor dari Cirebon ke Tangerang, Rohayati : Tolong Carikan Ponakan Saya

Baca: GUBRAK! Berlagak Standing, Dua Bocah Tersungkur di Jalan. Begini Komentar Warga saat Korban Nangis

Baca: Takut Berkelahi, Polisi Pisah Ruang Tahanan Dendi dan Amir di Mapolda Kepri

Baca: Kerja Gadget Makin Lemot? Cek 4 Penyebab Utama Turunnya Performa Gadget Berikut Ini

Namun medali emas Wendy di nomor 3 meter papan individu tetap menjadi milik Malaysia, karena peraih medali perak, Nur Dhabitah Sabri juga atlet negara tersebut.

Malaysia hanya kehilangan satu medali emas yang direbut Wendy  dengan pasangannya, Dhabitah di nomor 3 meter papan berpasangan. Medali emas jatuh ke duet Singapura, Ashlee Tan dan Fong Kay Yian.

Selain pencoretan medali, Wendy juga terncam hukuman skorsing maksimal dua tahun dan bukan empat tahun karena penggunaan sibutramine dianggap bukan pelanggaran berat seperti penggunaan anabolic steroid atau pun erythropoietin (EPO). (*)

*Berita ini juga tayang di Kompas.com dengan judul : Positif Doping, Malaysia Kembalikan Satu Medali Emas SEA Games

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved