Pameran Pesona Sumatera ‎Pulau Emas

Pamerkan Paket Wisata, Kemenpar Targetkan Penjualan hingga Rp 10 Miliar

Kementerian pariwisata menggelar pameran Pesona Sumatera Pulau Emas di Batam, Jumat (27/10/2017).

Pamerkan Paket Wisata, Kemenpar Targetkan Penjualan hingga Rp 10 Miliar
TRIBUNBATAM/ANNE MARIA
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, bersama asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum saat meninjau booth peserta 

TRIBUNBATAM.id, ‎BATAM - Kementerian pariwisata menggelar pameran Pesona Sumatera Pulau Emas di Batam.

Mengambil tempat di Kepri Mall, pameran ini dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, Jumat (27/10/2017).

Even tahunan dari Kemenpar tersebut pertama kalinya dilaksanakan di Batam, selama dua hari ‎mulai hari ini hingga Sabtu besok.

Esthy mengatakan even tersebut merupakan satu di antara program kerjanya untuk memfasiitasi para pelaku industri pariwisata dalam melakukan penjualan.

"Karena ini selling, targetnya tentu transaksi. Kita targetkan Rp 5 miliar sampai Rp 10 miliar. Kalau di Sumatera baru ini dilakukan, sebelumnya kita pernah selenggarakan di Sulawesi dan Kalimantan. Dan cukup sukses," ujar Esthy.

‎Selain menampilkan pameran paket wisata serta cinderamata dari provinsi serta kabupaten/kota se-Sumatera, kegiatan ini juga untuk menarik wisatawan. Melalui pentas seni budaya dan atraksi artis nasional Budi do re mi.

Baca: KEJAM! Seorang Balita Dibiarkan Seminggu di Ayunan hingga Tewas. Pengakuan Orangtuanya Bikin Geram

Baca: GUBRAK! Berlagak Standing, Dua Bocah Tersungkur di Jalan. Begini Komentar Warga saat Korban Nangis

Baca: Anak Gadisnya Menghilang Dua Hari, Orangtua SI Polisikan Kekasih Anaknya

"Kita juga ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara antar kabupaten/kota, antar provinsi, termasuk untuk wisman. Ini dukungan untuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan nusantara dan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019," tutur Esthy.

‎Wanita itu menjelaskan, wisatawan nusantara merupakan kekuatan pariwisata nasional, karena setiap tahun jumlahnya terus meningkat.

Bila tahun ini wisatawan nusantara yang mengadakan perjalanan sebanyak 265 juta, dengan pengeluaran sekitar Rp 241,08 triliun, maka dalam lima tahun ke depan diperkirakan akan menjadi 275 juta perjalanan, dengan pengeluaran yang juga melebihi saat ini.

"Kenapa Sumatera, karena dari 10 provinsi se-Sumatera itu bisa menawarkan kepariwisataan yang komplit. Alamnya, budaya, kreasi produk-produk umkmnya, kulinernya, hingga tempat wisata buatanya‎ semua ada," tutur Esthy.

‎Ia juga menyebutkan pemilihan Batam sebagai lokasi even karena strategis dan dapat menggaet wisatawan asing.

"Jadi wisman yang ada di sini pun bisa terdistribusi ke daerah lain," kata dia. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved