Motion

Kibarkan Bendera di Pulau Terluar hingga Kampanyekan Bahaya Narkoba

Gerakan Pramuka memiliki nilai-nilai luhur yang bertujuan untuk memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia.

Kibarkan Bendera di Pulau Terluar hingga Kampanyekan Bahaya Narkoba
ISTIMEWA

PRAJA Muda Karana atau yang lebih akrab disebut Pramuka, sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Kegiatan yang akrab dengan kemah lengkap dengan atribut mendominasi berwarna cokelat ini, banyak ditemukan di sejumlah sekolah dengan berbagai tingkatan di Indonesia.

Di Anambas, misalnya, kegiatan Pramuka kembali eksis dengan sejumlah kegiatan baik skala daerah, hingga nasional.

Pemerintah Daerah pun, bahkan memberi perhatian khusus dengan membentuk seksi yang khusus membidangi kepramukaan yang melekat pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Untuk di kabupaten, namanya Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas. Saat ini sudah dua periode kepengurusan. Ketuanya pertama dipimpin oleh Pak Abdul Haris ketika beliau menjabat sebagai Wakil Bupati," ujar Rais Nurdin Kasi Kepramukaan Disdikpora Kabupaten Kepulauan Anambas kepada Tribun Batam.

pramuka anambas
(ISTIMEWA)

Kepengurusan pertama yang dibentuk tanggal 3 Februari 2010 itu, sempat diisi rangkaian kegiatan. Tidak hanya berkemah, juga diisi kegiatan pembinaan dari berbagai tingkatan.

Saat ini, posisi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas dijabat Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra.

"Untuk keberadaan Pramuka di Anambas sudah lama ada. Namun, kami coba bangkitkan kembali sehingga dapat menjadi pelopor, khususnya bagi para generasi muda," ungkapnya.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra mengatakan, keberadaan Pramuka di Anambas diharapkan dapat memberikan contoh positif bagi generasi muda.

Gerakan Pramuka pun, menurutnya memiliki nilai-nilai luhur yang bertujuan untuk memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.

Halaman
1234
Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved