Selain Jamin Tanggung Semua Biaya Perobatan Penyakit Kronis, BPJS Kesehatan Janji tak Naikkan Iuran

BPJS Kesehatan memastikan, pihaknya tidak akan mengambil langkah menaikkan iuran peserta jaminan kesehatan meskipun sedang defisit.

Selain Jamin Tanggung Semua Biaya Perobatan Penyakit Kronis, BPJS Kesehatan Janji tak Naikkan Iuran
istimewa
Petugas BPJS Kesehatan memperlihatkan dropbox tempat calon peserta bisa mendaftar dengan cara mudah. Dropbox ini terdapat di seluruh kantor kecamatan di Batam dan Karimun 

TRIBUNBATAM.ID, JAKARTA- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan, pihaknya tidak akan mengambil langkah menaikkan iuran peserta jaminan kesehatan meskipun saat ini BPJS Kesehatan sedang mengalami defisit keuangan.

Hal itu disampaikan Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat.

Dia mengatakan, kondisinya untuk memperbaiki keuangan BPJS Kesehatan saat ini ada tiga pilihan, yaitu menaikkan iuran, mengurangi benefit, atau pemerintah menyiapkan dana tambahan untuk menutup kekurangan iuran.

Nopi memastikan, BPJS Kesehatan tidak akan mengambil pilihan pertama dan kedua yang dianggap akan membebani masyarakat.

Sebab itu, BPJS Kesehatan bersama lembaga dan kementerian terkait masih terus mengkaji strategi untuk mengatasi defisit keuangannya.

Diharapkan hal ini bisa diterapkan dalam jangka panjang.

Nopi menyebutkan, salah satu yang diwacanakan adalah pelibatan peserta BPJS mendanai biaya perawatan (cost sharing) untuk delapan jenis penyakit yang butuh perawatan medis lama dan berbiaya tinggi (katastropik).

Delapan jenis penyakit katastropik yang dimaksud adalah jantung, kanker, gagal ginjal, stroke, thalasemia, sirosis hati, leukimia, dan hemofilia.

Namun dia menegaskan hal itu baru sekadar wacana dan belum masuk dalam proses pembahasan.

Baca: CATAT! BPJS Kesehatan Tidak Akan Tanggung Semua Biaya Perobatan Delapan Penyakit Kronis Ini

Halaman
12
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved