KEPRI REGION

Ratusan Warga Dapat Sertifikat, Menteri Agraria dan Gubernur Kepri: Jangan Digadai untuk Beli Motor

Tahun ini, ada lima juta sertifikat yang diterbitkan di seluruh Indonesia. Target itu, semakin besar tahun 2018, yakni tujuh juta

Humas Pemprov Kepri
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Jalil didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun, menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis bagi ratusan warga di Kantor BPN Batam, Rabu (27/12/2017). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan A Jalil dan Gubernur H Nurdin Basirun mengingatkan para penerima sertifikat tanah untuk tidak menggadaikan surat berharga itu untuk hal-hal yang konsumtif.

Sertifikat yang didapat harus dimanfaatkan betul bagi peningkatan ekonomi.

“Hati-hati dengan sertifikat ini. Jangan digadai untuk hal-hal yang produktif, untuk beli handphone atau kendaraan bermotor yang tak mendorong pergerakan ekonomi,” kata Nurdin saat acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sekupang, Kota Batam, Rabu (27/12/2017).

Hal yang sama juga diingatkan Menteri Sofyan.

Keberadaan sertifikat ini bisa sebagai modal agar kelompok masyarakat punya akses ke perbankan atau sumber dana lainnya.

Karena menggunakan pinjaman untuk mengembangkan ekonomi adalah sesuatu yang baik.

“Tapi jangan begitu ada sertifikat langsung digadai buat beli HP atau sepeda motor,” kata Sofyan.

Hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Kapolesta Barelang Kombes Pol Henki, SIk, MH, Kepala BPN Kepri Syafriman serta ratusan penerima sertifikat tanah.

Sofyan menambahkan, sertifikat ini memberikan kesempatan kepada rakyat ke akses finansial.

Selama ini, menurut Bank Dunia, orang Indonesia yang punya akses 40 persen. Tanah yang tak punya sertifikat merupakan aset yang idle atau kosong.

Halaman
123
Penulis: Thom Limahekin
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved