BALADA Hidup di Daerah Perbatasan; Bisa Pergi Liburan Keluar Pulau tapi Bingung Saat Nak Pulang

Tidak seperti warga yang tinggal di pulau besar yang dengan mudah mendapat transportasi, bagi warga kepulauan transportasi menjadi masalah utama.

tribun batam
Kapal Pelni KM Bukit Raya sandar di Pelabuhan Tarempa, Anambas. 

TRIBUNBATAM.ID, ANAMBAS - ‎Menjadi warga yang tinggal di pulau-pulau terluar dan wilayah perbatasan negara, memang tidak mudah.

Tidak seperti warga kebanyakan yang tinggal di pulau besar yang dengan mudah mendapat layanan transportasi baik darat maupun udara.

Warga di perbatasan harus putar otak untuk merencanakan perjalanan dan mencocokan waktu dengan jadwal kapal yang tidak setiap saat menyinggahi pulau tersebut.

Sementara transportasi udara belum tersedia secara teratur untuk penerbangan sipil komersil. Sedangkan transportasi darat, memang mustahil bisa diadakan.

Inilah yang dialami kebanyakan warga di Kabupaten Kepulauan Anambas. Di saat momen-momen hari besar, seperti Natal, tahun baru, lebaran, maupun liburan sekolah, warga harus membuat perencanaan yang matang jika hendak pergi berlibur ke luar pulau.

Beberapa warga mengaku, untuk keluar pulau memang bisa lebih mudah karena di momen-momen hari besar, biasanya kapal Pelni menyinggahi pulau dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Namun, kesulitan dirasakan begitu hendak pulang lagi ke Anambas. Kapal yang tersedia kuotanya terbatas dan jika telat memesan akan kehabisan.

"Transportasi terbatas sekarang ini, Bang. Saya coba tanya Bukit Raya untuk ke Tarempa sudah habis terjual semua. Ini lagi mau ke agen ferry karena dapat informasi hari Jumat ini kapal jalan," ujar Sopian warga Tarempa yang kini berada di Tanjungpinang dan ingin kembali ke Anambas secepatnya, Kamis (4/1/2018).

Ia mengatakan, kehadiran kapal Pelni KM Bukit Raya cukup membantu‎ mobilitas warga pulau untuk berangkat dan kembali ke Anambas.

Namun, jika sudah tidak kebagian tiket maka kesulitan pun menghadang.

Halaman
12
Penulis: Tyan
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved