Tak Kalah Keren. Korea Utara Ternyata Punya Girlband. Kim Jong-un Ingin Mereka Tampil di Korsel

Korea Utara ingin menampilkan pertunjukkan seni saat pembukaan ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyoengchang,Korsel Februari mendatang

Tak Kalah Keren. Korea Utara Ternyata Punya Girlband. Kim Jong-un Ingin Mereka Tampil di Korsel
Ed Jones / AFP
Kelompok girlband Korea Utara, Moranbong, saat tampil di atas panggung. 

TRIBUNBATAM.id, PYONGYANG - Korea Utara ingin menampilkan pertunjukkan seni saat pembukaan ajang Olimpiade Musim Dingin di Pyoengchang, Korea Selatan Februari mendatang.

Di antara artis yang ingin ditampilkan, kemungkinan Pyongyang akan mengajukan girlband sekaligus kelompok musik kenegaraan mereka, Moranbong.

Dikutip dari New York Post, dugaan tersebut muncul setelah ketua Moranbong, Hyon Song Wol, disebut akan menjadi satu dari empat delegasi Korea Utara dalam pertemuan lanjutan kedua negara, Senin (15/1/2018).

Baca: Tabrakan Kapal Tanker Iran vs Kapal Kargo Hong Kong. Iran: Tak Ada Harapan Korban Selamat

Baca: Di-Non-Aktifkan Sebagai Bupati Kepulauan Talaud. Ini Jawaban Sri Wahyumi Manalip

Baca: TERUNGKAP! Ini Alasan Mendagri Non-Aktifkan Bupati Kepulauan Talaud. 3 Pekan ke AS Tanpa Izin?

Moranbong adalah kelompok musik yang beranggotakan 20 wanita yang dipilih langsung oleh pemimpin tertinggi Kim Jong Un dan dibentuk pada 2012 lalu. Selain penyanyi, para pemusik Moranbong semuanya adalah wanita.

Kelompok musik ini membawakan sejumlah lagu andalan yang bertemakan kebanggaan terhadap Korea Utara dan pemimpin tertinggi mereka.

Moranbong juga pernah tampil di sebuah panggung besar pada Juli 2017 lalu merayakan keberhasilan Korea Utara meluncurkan misil balistik Hwasong-14.

Menjawab usulan delegasi Korea Utara yang ingin mengirimkan sejumlah penampil dalam kontingennya, Seoul pun mengutus Menteri Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata untuk mempertimbangkan pengajuan Pyongyang.

Sementara dari Seoul menawarkan kepada Korea Utara untuk melakukan parade bersama di upacara pembukaan, meski belum disetujui oleh Pyongyang.

Namun sebelum semua rencana tersebut dapat terealisasikan, lebih dulu harus menunggu hasil pertemuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Swiss pada 20 Januari mendatang.

Pertemuan itu digelar karena Korea Utara pada dasarnya terlambat menyampaikan keikutsertaannya di ajang Olimpiade Musim Dingin yang ditutup pada 31 Oktober 2017 lalu.

Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang akan menjadi momen kembalinya Korea Utara setelah terakhir kali mereka mengirimkan kontingen pada 1992.

Di Pyeongchang, Pyongyang berencana mengirimkan wakil untuk cabang olahraga seluncur es putra dan hoki es putri. Juga di nomor berpasangan figure skating.(*)

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved