Dapat Anggaran dari MA! PN Pinang Pindah ke Gedung Baru Hingga Dirikan Pengadilan Tinggi

Pengadilan Negeri Tanjungpinang mendapat anggaran dari Mahkamah Agung (MA) untuk menyelesaikan pembangunan

Dapat Anggaran dari MA! PN Pinang Pindah ke Gedung Baru Hingga Dirikan Pengadilan Tinggi
TribunBatam/Wahib Waffa
Ilustrasi. Suasana simulasi pemadaman kebakaran di PN Tanjungpinang, Senin (11/9/2017) 

TRIBUNBATAM.Id, TANJUNGPINANG-‎ Pengadilan Negeri Tanjungpinang mendapat anggaran dari Mahkamah Agung (MA) untuk menyelesaikan pembangunan PN Tanjungpinang yang baru di Senggarang. Setidaknya ada 7 Miliar dalam menuntaskan proses fhinising gedung baru.

"Sudah dianggarkan kemarin ya. Kalau tidak salah 7 sampai 8 M untuk proses Fhinising. Itu untuk segera merampungkan gedung sampai finising," kata ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang Joni SH MH dikonfirmasi di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Jumat (26/1).

Tahap finising ini pun saat ini masih dikebut. Gedung megah berlantai tiga itupun rencannya tinggal pengadaan mebeler untuk bisa dapat beroperasi. Pengadaan tersebut saat ini memang belum dianggarkan.

"Kalau sudah fhinising itu sudah selesai. Tinggal satu lagi pengadaan mebelernya. Kalau mebeler semua sudah lengkap, langsung kita pindahkan juga nanti," ujarnya.

Pengadaan mebeler atau fasilitas pokok perlengkapan gendung merupakan tahap terakhir sebelum gedung diresmikan dan dinyatakan dapat beroperasi. Nantinya Pengadilan terlengkap di Kepri yang mengadili Tipikor, Umum, PHI dan Perikanan ini akan menyatu dalam satu gedung.

"Nanti termasuk perkara PHI ‎juga akan disidangkan bersama. Sudah tidak terpisah lagi. Saya belum bisa perkirakan kapan dapat beroperasi. Tau sendiri katanya anggaran negara lagi minim untuk pengadaan. Kalau memang sudah siap tahun ini, ya kita langsung operasi," kata Joni lagi.

Lebih lanjut, tak hanya masalah gedung saja, Pengadilan Tinggi pun rencananya pun akan berdiri di Kepri. PN Tanjungpinang Kelas I A melalui ketua pengadilan juga telah mengusulkan ke Mahkamah Agung.

"Banyak pertimbangan. Salah satunya kondisi jarak bagi yang mengajukan ke tingkat tinggi. Kita sudah usulkan ke MA untuk Pendirian Pengadilan Tinggi disini," tutupnya.(*)

Penulis: Wahib Wafa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved